Kamis, 20 Jun 2019 10:58 WIB

Cara Dengar Pesan Audio WhatsApp Tak Berisik Tanpa Earphone

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Ketika kalian sedang di situasi yang mengharuskan berkonsentrasi, tiba-tiba mendapat kiriman pesan audio WhatsApp yang harus didengarkan segera, biasanya yang dilakukan adalah menggunakan earphone.

Dalam situasi rapat, misalnya. Kalau tidak colok earphone, suara pesan audio WhatsApp lazimnya akan keluar lewat speaker ponsel sehingga bisa terdengar orang lain seisi ruangan. Bikin malu kan?




Nah, sebenarnya kalian bisa tetap mendengarkan pesan audio tanpa berisik, dan tanpa earphone atau headphone. Tak ada fitur khusus untuk ini, pun tidak perlu update aplikasi WhatsApp versi terbaru karena sejatinya kemampuan itu sudah ada dari dulu.

Jadi, ketika kalian mengangkat ponsel dan menaruhnya ke sisi telinga setelah menekan tombol play pada pesan audio di chat WhatsApp, pesan tersebut akan diperdengarkan lewat earpiece seperti ketika kita menelepon, bukan lewat speaker.

Artinya, kalian bisa memanfaatkan kemampuan ini seperti gaya 'walkie-talkie' yang memungkinkan komunikasi via audio pendek ketimbang mengetik pesan atau menelepon via WhatsApp call.

Cara ini bisa kalian gunakan ketika sedang tidak pegang earphone, atau malah tidak punya, tanpa khawatir percakapan terdengar oleh orang lain yang berada di sekitar kalian.

Sebagai tambahan informasi, buat yang belum ngeh, WhatsApp sekarang juga sudah memperbarui cara mengirim pesan audio menjadi lebih mudah. Pengguna whatsApp tak perlu lagi menekan dan menahan ikon microphone ketika akan merekam pesan.




Caranya, cukup tap ikon microphone lalu swipe ke arah atas. Jika sudah selesai merekam, tinggal tap tombol kirim dan pesan audio pun akan disampaikan ke penerima. Semoga bermanfaat!


(rns/krs)