Senin, 03 Jun 2019 14:30 WIB

Tips dan Trik

Modal HP, Yuk Bikin Sendiri Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

Tim detikINET - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Nah, sudah tahu kalau kamu dapat dengan mudahnya bikin sendiri kartu ucapan hanya bermodal smartphone alias HP?

Buat yang sudah tahu, tentu tak asing dengan yang namanya e-card alias electronic card. Ya, kirim-kirim kartu ucapan di zaman now memang tak lagi mesti pakai kartu fisik.


Ada banyak e-card lebaran yang bisa kamu dapatkan di internet. Tapi detikers tak perlu repot karena detikcom sudah menyiapkan beragam pilihan untuk bikin sendiri kartu ucapan selamat Idul Fitri. Semua bisa dilakukan via HP.

Caranya mudah, tinggal akses url detikRamadan berikut ini dan kamu akan memiliki sembilan opsi desain template kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Tinggal pilih salah satu yang kamu suka, tulis namamu di kotak kosong, beri tanda centang untuk membuktikan dirimu bukan robot, lalu tap preview dan... jadi deh!
Modal HP, Yuk Bikin Sendiri Kartu Ucapan Selamat Idul FitriProses pemilihan kartu ucapan Foto: Kris Fathoni/detikINET
Kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kreasimu sendiri itu lantas bisa di-download ke smartphone atau langsung di-share ke Twitter. Gampang kan?

Proses bisa selesai sampai sini. Atau, buat yang mau sedikit effort dengan berkreasi agar kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri itu lebih personal, kamu pun bisa menambahkan stiker atau foto sendiri dengan aplikasi gratis yang dapat di-download buat smartphone. Seperti ini, misalnya.
Modal HP, Yuk Bikin Sendiri Kartu Ucapan Selamat Idul FitriContoh kartu ucapan dengan tambahan foto. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Tambahan foto tim detikINET tersebut praktis bagaikan sekadar proses crop (foto dokumentasi tim) dan paste (ke kartu ucapan). Kami melakukannya dengan versi gratis aplikasi editor foto PicsArt ("Start editing" dengan memilih gambar kartu ucapan > "add photo" yang ingin ditambahkan > sesuaikan ukuran dan posisi foto itu di atas kartu ucapan).

Proses menambahkan foto di atas kartu ucapan dengan memakai PicsArtProses menambahkan foto di atas kartu ucapan dengan memakai PicsArt Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hitung-hitung jadi bisa mempercantik kartu ucapan yang sudah keren. Dengan kreativitas dan eksperimen, hasilnya tentu bisa kian cantik. Dan semua itu bisa dilakukan di smartphone.

Selamat mencoba!

(krs/afr)