Senin, 11 Mar 2019 20:25 WIB

Tips dan Trik

Cara agar Tak Lagi Merasa 'Dimata-matai' iPhone Sendiri

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: YouTube/Unbox Therapy Foto: YouTube/Unbox Therapy
Jakarta - Tanpa disadari, setiap langkah pengguna iPhone "dimata-matai" Apple. Jika merasa khawatir akan hal tersebut, ada cara agar kamu tidak terus-terusan terlacak.

Di dalam iPhone terdapat fitur bernama Significant Location. Tidak hanya melacak posisi, fitur tersebut bahkan memindai durasi di suatu tempat yang dikunjungi si pengguna.




Menurut Apple, fitur ini memungkinkan iPhone mempelajari tempat-tempat penting bagi pengguna. Tujuannya, agar dapat memberikan informasi berguna terkait lokasi di peta, kalender, foto, dan lain-lain.

Apple menjamin semua data tersebut terenkripsi. Bahkan data tersebut tidak bisa dibaca Apple sekalipun. Data itu tersimpan dalam iPhone dan bukan di iCloud. Untuk mengaksesnya pun harus menggunakan Face ID dan Touch ID.

Walau Apple sudah menjamin keamanannya, jika masih was-was karena merasa dimata-matai, kamu masih bisa menonaktifkan fitur ini. Langkahnya sebagai berikut:

Mengakses Significant Location

Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di iPhoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

1. Buka Settings
2. Pilih Privacy
3. Tekan Location Services
4. Scroll ke bawah hingga menemukan System Services
5. Cari Significant Locations, kamu akan diminta untuk memindai Face ID atau Touch ID.

Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di iPhoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Ketika di jendela Significant Locations kita akan melihat history lokasi yang pernah disinggahi. Dalam satu daerah, kita bisa mendapati beberapa titik.

Untuk menonaktifkan hanya tinggal menggeser tombol di bagian atas. Tapi sebelum itu disarankan untuk menghapus history yang ada.

Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di iPhoneFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Kamu bisa menghapus satu persatu lokasi. Tapi jika ingin menghapus semuanya, tinggal men-scroll sampai ke bawah hingga menemukan Clear History. Setelah ditekan, semua data lokasi akan hilang.

Sejak itu lokasi kamu tidak akan terekam lagi di iPhone. Semoga membantu.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed