Kamis, 07 Mar 2019 14:02 WIB

Tips dan Trik

Kiat Agar Anak Aman Nonton Video Netflix

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain televisi, layanan streaming video jadi pilihan para orang tua untuk menikmati hiburan dengan sang buah hati. Tapi saking banyaknya konten video yang tersedia, sangat penting untuk para orang tua memperhatikan dan memilah mana yang sesuai untuk tontonan keluarganya.

Untuk meningkatkan kontrol kepada akses tayangan hiburan yang sesuai dengan umur penonton, layanan streaming video punya mekanisme. YouTube misalnya, mereka punya YouTube Kids. Sementara Netflix punya dua mekanisme yang dapat membantu orang tua untuk mengendalikan dan mengatur pilihan tayangan hiburan bagi keluarga.


Profil penonton

Pengguna Netflix bisa membuat dua jenis profil berbeda, yaitu profil dewasa dan anak. Profil dewasa memiliki dua tingkat, yaitu 'Semua tingkat usia/dewasa' serta 'untuk remaja dan yang lebih muda.

Tontonan dengan materi dewasa hanya dapat diakses oleh profil dengan tingkat pengaturan "semua tingkat usia/dewasa". Sedangkan tingkat "untuk remaja dan yang lebih muda" dibatasi pada tontonan dengan rating 13 tahun ke bawah.

Agar Anak Aman Menonton Konten Video StreamingFoto: Netflix


Profil anak juga memiliki dua tingkat, yaitu 'untuk pra-remaja dan yang lebih muda" atau "khusus anak kecil'. Bagi para orang tua yang ingin anak-anaknya tidak menyaksikan tontonan yang bermuatan percintaan remaja atau perkelahian di sekolah misalnya, mereka dapat dengan mudah mengatur profil penonton menjadi tingkat 'khusus anak kecil'.

Penggunaan PIN

Mirip dengan pengaturan profil, PIN bisa digunakan untuk membatasi akses ke konten di empat tingkatan; anak kecil (semua umur), pra-remaja (7 tahun ke atas), remaja (13 tahun ke atas), dan dewasa (16 tahun ke atas). Contoh penggunaannya, jika diatur pada tingkat remaja, pengguna akun tersebut harus memasukkan PIN untuk mengakses tontonan dewasa yang berada satu tingkat di atasnya. Berikut ini adalah langkah-langkah mengatur PIN di Netflix.

Caranya sebagai berikut:

- Kamu masuk ke profil "Dewasa", geser kursor ke foto akun. Lalu pilih menu 'Akun' yang berada pada pojok kanan atas layar. Pengaturan ini hanya bisa diakses ketika kamu berada di profil "Dewasa".

- Kedua, gulir halaman ke bawah dan temukan menu "Kontrol orang tua" pada submenu "Pengaturan".

Agar Anak Aman Menonton Konten Video StreamingFoto: Netflix


- Berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi akun Netflix. Ini adalah sandi yang juga digunakan untuk masuk ke akun kamu

- Keempat, Netflix akan meminta Anda membuat kode PIN Kontrol Orang Tua. Masukkan empat digit angka, lalu klik tombol "Simpan".

- Terakhir, Anda tinggal menggeser lingkaran hijau untuk mengatur batasan rating film yang akan Anda kunci dengan PIN Kontrol Orang Tua.


Selain itu, PIN juga bisa digunakan untuk membatasi akses ke judul tontonan tertentu yang pilihannya berada di bawah batasan rating. Caranya, cukup memasukkan judul tontonan tersebut di laman pengaturan 'Kontrol Orang Tua'. Jika sudah diatur, siapa pun yang ingin mengakses tontonan tersebut harus memasukkan PIN yang benar terlebih dahulu.

Dengan hadirnya dua fitur pengaturan konten tersebut, pengguna tak perlu pusing dan khawatir ketika menikmati berbagai tayangan hiburan untuk keluarga di Netflix. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed