Selasa, 05 Mar 2019 21:02 WIB

Buka detikcom dengan 1 Klik Tombol Bixby di Ponsel Samsung

Kris Fathoni W - detikInet
Tombol Bixby pada Samsung Galaxy S9 Plus (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Tombol Bixby pada Samsung Galaxy S9 Plus (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Samsung baru saja merilis update aplikasi Bixby buat sejumlah Galaxy S anyar seperti Galaxy S8, S9, S10, Note 8, dan Note 9. Hal itu di antaranya memungkinkan tombol dedicated untuk "memanggil" Bixby kini bisa diprogram ulang untuk membuka aplikasi lain.

Dengan demikian, tombol Bixby pada perangkat Galaxy S anyar yang sudah kebagian update itu kini bisa dipergunakan buat mengakses kamera, Gmail, atau bahkan aplikasi detikcom lewat satu klik saja.

Caranya mudah. Tinggal klik tombol dedicated itu untuk memunculkan Bixby lalu ketuk tiga titik di sudut atas untuk kemudian masuk ke Settings. Setelah itu carilah "Bixby Key" lalu masuk ke dalamnya.




Buat ponsel Samsung yang belum dapat update-an, seperti gambar di bawah ini, program ulang tombol Bixby belum bisa dilakukan secara bawaan alias masih memerlukan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Cara Program Ulang Tombol Bixby di Ponsel Samsung


Nah, buat pengguna Galaxy S yang sudah kebagian update Bixby, di bagian "Bixby Key" itu kini akan memunculkan opsi selanjutnya. Tombol itu kini bisa diatur lebih lanjut lewat sekali pencet atau dua kali tekan.

Cara Program Ulang Tombol Bixby di Ponsel SamsungFoto: screenshot

Opsi ini memang tidak bisa menghilangkan Bixby sama sekali. Tapi setidaknya di sini kamu bisa memprogram ulang cara kerja tombol Bixby tersebut.

Memilih opsi "Double press to open Bixby" lalu mengaktifkan toggle "use single press", akan membawamu ke halaman berisikan pemilihan aplikasi apa yang bakal terbuka saat tombol Bixby ditekan satu kali. Pilih saja satu aplikasi yang terinstall di smartphone Samsung-mu dan ingin kamu buka dengan satu klik di tombol Bixby.

Cara Program Ulang Tombol Bixby di Ponsel Samsung
Cara Program Ulang Tombol Bixby di Ponsel Samsung


Contoh pengaturan pada gambar di atas sekarang akan membawamu masuk ke aplikasi detikcom saat memencet tombol Bixby satu kali. Sedangkan dua klik tombol itu bakal memunculkan Bixby -- yang sekali lagi belum bisa dihilangkan secara bawaan.

Pun demikian, tombol Bixby ini belum bisa diprogram secara resmi untuk mengakses asisten virtual pesaing Bixby macam Google Assistant atau Cortana-nya Microsoft. Untuk itu, diperlukan aplikasi pihak ketiga yang saat ini sebenarnya juga sudah tersedia.



(krs/mon)