Senin, 31 Des 2018 17:45 WIB

Tips & Trik

Tips Cara Foto Kembang Api Tahun Baru, Pakai Ponsel Pun Bisa

Josina - detikInet
Tips cara foto kembang api Tahun Baru. (Foto: Haris/detikTravel) Tips cara foto kembang api Tahun Baru. (Foto: Haris/detikTravel)
Jakarta - Momen pergantian tahun lazim menghadirkan pesta kembang api. Tak cuma di Indonesia, hal serupa pun biasa dilakukan masyarakat di seluruh dunia. Berikut tips cara foto kembang api tahun baru dengan smartphone maupun kamera profesional.

Nah, tepatnya nanti malam menjelang datangnya tahun 2019 mereka yang merayakan sudah bersiap-siap menyambut tahun baru. Salah satunya menyiapkan kamera untuk mengabadikan indahnya warna-warni kembang api.

Dilansir detikINET berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto kembang api tahun baru dengan smartphone, seperti dikutip dari techlicious.


1. Siapkan Tripod


Pertunjukan kembang api yang menyala di langit terbilang cepat sehingga membuat kamu harus cepat mengabadikannya. Namun jika asal jepret bisa membuat hasil foto buram alias blur. Apalagi kamera ponsel perlu menahan Shutter (rana) yang cukup lama untuk menangkap objek kembang api.

Semakin lama Shutter terbuka, semakin rentan foto kamu menjadi buram. Jadi sebaiknya gunakan tripod untuk memastikan tidak adanya gerakan.


2. Gunakan Mode Landscape


Pada kamera ponsel masa kini sudah bisa otomatis menemukan objek sebagai fokusnya, namun ketika dihadapkan ke langit yang cenderung kurang cahaya tentu kamera sulit membaca objek.

Maka ubahlah settingan kamera kamu ke dalam mode Landscape dan mempersempit pembukaan lensa, yang menjaga baik objek dekat maupun jauh.

Jika kamera ponsel kamu tidak memiliki mode lanskap, kamu bisa mengatur fokus secara manual sebagai cara foto kembang api agar mendapat hasil terbaik.


3. Matikan Flash


Menggunakan flash untuk memotret kembang api justru akan menghasilkan foto yang buruk. Adanya cahaya yang dikeluarkan dari flash membuat kembang api di langit malah tidak terlihat.

Mematikan fitur flash di ponsel juga membuat membuat kamera ponsel untuk menjaga rana terbuka cukup lama dalam menangkap objek kembang api.


4. Turunkan ISO


ISO tinggi akan meningkatkan sensitivitas kamera ponsel kamu sehingga dapat melihat detail dalam gelap. Namun, kembang api itu sendiri cukup cerah.

Jadi, untuk menghindari paparan berlebih dan mengurangi noise, keluarkan kamera Anda dari ISO Otomatis dan ubah pengaturan ke ISO 100 atau bahkan lebih rendah.


Selain dengan kamera smartphone, ada juga tips menggunakan kamera profesional untuk foto kembang api tahun baru, yang dihimpun dari laman Infofotografi. Jika dilakukan dengan benar, tentu saja hasil potret dengan kamera profesional akan lebih sip ketimbang memakai kamera smartphone.
  • Jangan gunakan mode otomatis, gunakanlah mode manual
  • Setting shutter speed ke sekitar 5-10 detik atau lebih lama lagi untuk menangkap beberapa kembang api yang sedang beraksi.
  • Gunakan Bulb (B) mode untuk membuka shutter lebih lama dari 30 detik.
  • Gunakan tripod atau letakkan kamera di penyangga, karena cukup mustahil tangan kita tidak bergetar saat pemotretan.
  • Set ISO yang rendah, 100 atau 200.
  • Hanya gunakan lampu kilat (flash) untuk menerangi subjek foto yang dekat, seperti orang.
  • Gunakan fungsi self-timer atau remote untuk mencegah getaran kamera saat kita menekan tombol shutter.
  • Perhatikan juga latar belakang, cari dan pindah ke posisi yang lebih baik bila memungkinkan.
  • Set lensa ke infinity (tidak terhingga) bila yang di foto hanya kembang api / latar belakang dari kejauhan.

Canon EOS 5D, 28mm, Bulb mode @ f/8, ISO 160 (image © Erika Silverstein)Canon EOS 5D, 28mm, Bulb mode @ f/8, ISO 160 (image © Erika Silverstein).


Nah, itulah tips cara foto kembang api tahun baru yang bisa kamu jajal untuk memotret kembang api di daerah masing-masing. Selamat memotret.


(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed