Jumat, 26 Okt 2018 20:08 WIB

Trik Nge-prank Jahili Komputer Teman

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Bagi yang suka menonton video prank atau jahil, kalian pasti juga senang menjahili teman kamu sendiri. Ada trik-trik yang bisa dilakukan. Tenang saja, trik ini tidak berbahaya dan mudah dilakukan.

1. Mengubah bentuk kursor mouse

Umumnya, kursor mouse pada komputer itu berbentuk tanda panah. Selain itu, pengguna juga tidak suka jika komputer mereka lemot atau hang.

Dalam keadaan hang, standarnya, bentuk kursor mouse pada komputer bukan lagi berbentuk panah, melainkan lingkaran berwarna-warni yang berputar, menandakan sedang loading.

Untuk trik pertama, kamu bisa mengubah bentuk kursor mouse komputer teman kamu dengan bentuk mouse saat dalam keadaan hang. Jadi, teman kamu akan beranggapan komputernya sedang hang padahal baik-baik saja.

Untuk melakukannya, dengan Windows, kunjungi Control Panel > pilih Mouse > pilih Pointers > ganti dengan bentuk kursor pilihanmu.

Jika dalam MacOS, kunjungi System Preferences > pilih Accessibility > Display > atur bentuk kursor sesuai keinginanmu.

2. Layar desktop seperti retak

Jika kurang puas dengan mengubah bentuk mouse, kalian bisa mencoba mengubah wallpaper desktop terlihat seperti retak.

Siapa yang tidak panik dengan layar komputer yang retak? Selain mengganggu penglihatan pada layar, biaya untuk mengganti layar pun tidak murah.

Untuk kamu yang ingin memberi 'kejutan' dengan menampilkan efek retak pada layar komputer teman, tinggal ubah wallpaper pada layar.

Kalian bisa mendapatkannya lewat mesin pencarian Google untuk menemukan wallpaper retak yang pas untuk dipakai di desktop.

3. Kendalikan komputer dengan mouse wireless

Untuk trik yang satu ini, syaratnya kalian harus punya mouse wireless. Jika sudah, kalian bisa langsung melancarkan aksi 'serangan'.

Sambungkan mouse wireless kamu ke komputer teman, lalu kendalikan dari jauh. Teman kalian pasti akan bingung dengan gerakan mouse yang berubah-ubah padahal dia tidak sedang menggunakannya.

4. Memutar tampilan layar

Trik kali ini memberikan cara untuk memutarbalikkan tampilan layar komputer hingga 180 derajat. Jadi, tampilan layar yang semula berada di atas, akan terbalik menjadi di bawah. Ini pasti akan membuat teman kamu jadi pusing untuk mengubahnya kembali.

Caranya mudah. Bagi komputer Windows, dengan menekan Ctrl + Alt + tanda panah bawah. Namun jika cara singkat tersebut tidak bekerja, kalian bisa melakukannya dengan klik kanan pada desktop > pilih Screen Resolution > pilih flipped untuk menjadikan layar terbalik.

Untuk MacOS, kamu bisa melakukannya dengan masuk ke menu System Preferences > pilih Display > pilih Rotation > lalu simpan perubahan. Maka layar komputer akan tampak terbalik.

5. Memalsukan tampilan layar desktop

Masih seputar layar desktop, kali ini kamu akan memalsukannya. Pengguna komputer pasti akan jengkel jika file yang mereka klik di desktop tidak bisa terbuka terus menerus.

Untuk menjahili seperti ini, cukup screenshot layar awal tampilan komputer teman kalian, lalu jadikan wallpaper desktop yang baru. Tapi, kamu harus menyembunyikan file-file awal yang ada di desktop agar prank ini bisa berhasil

6. Menyalakan dan mengubah Auto Correct

Bagi kamu yang memiliki teman sedang serius-seriusnya mengerjakan sesuatu di Microsoft Word, ini bisa jadi salah satu cara untuk menjahilinya. Kamu bisa menyalakan fitur Auto Correct pada Microsoft Word, sambil mengubah kata-kata yang menjadi pembenarnya.

Caranya adalah pilih menu Options di Microsoft Word > Proofing > AutoCorrect Options > lalu atur kata-kata yang ingin kamu beri fitur AutoCorrect sesuai 'kreativitas' kalian.

Misalnya begini, setiap ada kata 'memang', kamu mengubahnya menjadi 'memang lagi cantik tapi bukan sok cantik', maka kata yang keluar akan menjadi kata yang telah kamu ubah.

7. Menyelipkan 'reminder' iseng

Untuk teman yang super sibuk, kalian bisa menerapkan trik ini. Kamu cukup menyelipkan reminder atau pengingat pada komputer teman kalian di waktu yang acak dengan isi reminder yang lucu-lucu.

Jadi, saat teman kamu berpikir untuk mengerjakan agenda baru, ternyata hanya mendapatkan reminder lucu-lucuan dari kalian.

8. Perbesar atau perkecil tampilan layar

Melihat sesuatu terlalu besar atau terlalu kecil itu tidak enak buat mata. Untuk menjahili dengan trik ini, baik di komputer MacOS maupun Windows, cukup dengan menekan tombol Windows/Command dengan simbol = atau - . Kalian bisa mengatur apakah ingin memperbesar tampilan atau memperkecil tampilan. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed