Kamis, 25 Okt 2018 21:16 WIB

Tips dan Trik

5 Alasan Paten Buat Kalian yang Mau Coba Kamera Analog

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Kamera analog. Foto: Getty Images Kamera analog. Foto: Getty Images
Jakarta - Tak dapat dipungkiri, teknologi memberikan kemudahan memotret di era digital. Dari yang sebelumnya masih menggunakan film, membawa kamera yang cukup berat, sampai sekarang cukup menggunakan kamera smartphone. Meski begitu, bukan berarti kamera jadul tidak bagus.

Pada tahun 80-an, kamera film atau kamera analog menjadi satu-satunya pilihan untuk memotret. Dengan menggunakan film, dan hasilnya yang tidak langsung jadi, membuat kamera jenis ini langsung ditinggalkan semenjak kemunculan kamera digital.

5 Alasan Paten Buat Kalian yang Mau Coba Kamera AnalogFoto: Naela Inaya/detikINET


Tapi belakangan, kamera analog mendapatkan popularitasnya lagi. Di Instagram misalnya, ada tagar #indo35mm yang menampilkan lebih dari 340 ribu foto yang diambil menggunakan kamera analog oleh pecinta fotografi Indonesia dari berbagai daerah.

Sebetulnya, apa sih daya tarik kamera analog? Kalau detikINET punya 5 alasan untuk kamu terjun ke dunia analog.


1. Seru untuk dikoleksi

Bagi yang sudah kecemplung menyukainya, punya satu kamera analog tidak cukup. Untuk diketahui, kamera analog hadir dengan berbagai jenis dan bentuk.

Kalian yang suka dengan pengaturan kamera dan tidak percaya kamera itu hanya sekali jepret tanpa pengaturan, kamera analog jenis SLR atau Twins Lens Reflex bisa menjadi pilihan.

Tapi, tidak semua kamera analog memiliki pengaturan yang ribet. Buat yang terbiasa mengambil foto dengan metode 'langsung jepret' tanpa memikirkan pengaturan kamera, kamera analog juga ada jenis point and shoot yang berarti 'langsung jepret' saja.

[Gambas:Instagram]



2. Efek foto

Dari beragam kamera, beragam juga efek yang diberikan kepada foto. Perbedaan kamera analog yang dipakai mampu memberikan efek yang berbeda untuk hasil foto kamu.

Ada yang memberikan efek fisheye, double exposure, sampai dalam satu frame terdapat 8 jenis foto yang berbeda (tanpa di edit), murni dari jepretan kamera.

5 Alasan Paten Buat Kalian yang Mau Coba Kamera AnalogFoto: Naela Inaya/detikINET

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Untuk mendapatkan efek yang beragam juga tidak harus dari kamera saja, tapi film kamera yang digunakan juga ikut menentukan efek yang diberikan. Seperti film kamera dariKONO!LUFT FILMISO 200 yang memberikan efek bentuk hati pada hasil gambarnya. Sekali lagi, tanpa diedit ya!


3. Sabar menunggu hasilnya


Ini yang jadi ciri khas kamera analog, yakni hasilnya yang masih rahasia. Karena kamera analog tidak mempunyai akses untuk melihat langsung foto yang diambil, jadi kalian harus sabar menunggu untuk melihat hasilnya sampai roll film habis dan mencucinya.

Umumnya, dalam satu roll film kapasitas mengambil fotonya hanya 36 jepretan. Jadi, kamu harus memotret 36 kali sebelum mencucinya.

[Gambas:Instagram]


4. Menunggu hasil foto itu menyenangkan!


Selesai memotret 36 kali, untuk melihat hasilnya kamu diharuskan mencuci filmnya terlebih dahulu. Sensasi mencuci film sehabis menyelesaikan satu roll film itu sungguh menyenangkan.

Bagi para penggemar kamera analog, momen seperti ini raanya campur aduk. Penasaran apakah hasilnya sempurna, atau fotonya terbakar, atau tidak keluar apa-apa.

Durasi dalam pencucian foto juga beragam. Ada yang satu jam jadi, ada juga yang harus menunggu sampai 5 hari jadi. Buat kamu yang suka bereksperiman, proses pencucian film ini juga bisa dilakukan di rumah.




5. Mudah dibawa kemana-mana dan bentuknya yang lucu

Kamera analog termasuk kamera yang mudah dibawa kemana-mana. Ditambah lagi, kamera ini tidak memerlukan kartu memori, atau kamu tau persis kapan satu roll ini berakhir.

Umumnya juga, kamera analog hanya menggunakan baterai. Jadi, jika kamu sedang bepergian ketempat yang kurang memiliki tenaga listrik, kamera analog menjadi jawabanya. Terlebih lagi, karena bentuknya yang lucu, kamera analog bisa menjadi kamera sekaligus aksesoris kamu dalam bepergian.

5 Alasan Paten Buat Kalian yang Mau Coba Kamera AnalogFoto: Naela Inaya/detikINET
(rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed