Senin, 22 Okt 2018 18:52 WIB

Tips dan Trik

Coba Nih, Deretan Aplikasi Gratis untuk Konten ala Selebgram

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Tampilan foto Instagram yang sudah diedit-edit. Foto: Naela Inaya/detikINET Tampilan foto Instagram yang sudah diedit-edit. Foto: Naela Inaya/detikINET
Jakarta - Para pengguna Instagram pasti sering memikirkan tampilan profile Instagram mereka secara keseluruhan. Tak heran, membuat konten Instagram yang lebih keren jadi sangat penting.

Buat kalian yang ingin memiliki tampilan tidak kalah dengan selebgram terkenal, jangan khawatir. detikINET akan membeberkan deretan aplikasi yang bikin profile Instagram kalian tidak kalah dengan para selebgram.

1. Unfold

Aplikasi yang pertama dibahas adalah Unfold. Unfold punya spesialisasi membantu mengatur Instastory jadi lebih rapi. Misalnya, ketika kalian ingin membagikan foto ditambah dengan keterangan fotonya, di Unfold ada pilihan template untuk mengatur tata letak tersebut. Tidak hanya foto, kamu juga bisa memasukkan video untuk diedit.

Unfold dapat didownload di iOS maupun Android secara gratis. Namun, jika ingin mempunyai jenis template yang lebih banyak, kalian harus membayar lagi.

[Gambas:Youtube]


2. Camcorder

Aplikasi yang satu ini bukan untuk Instastory. Camcorder hadir sebagai aplikasi pengambil gambar. Aplikasi Camcorder digunakan untuk mengambil video dengan efek VHS jadul yang menampilkan tanggal di pojok sebelah kiri.

Tak hanya video yang diambil dari kamera langsung, aplikasi ini juga bisa digunakan mengedit video yang sudah ada di galeri kalian sebelumnya. Camcorder bisa diunduh gratis di iOS dan Android.

[Gambas:Youtube]


3. Huji Cam / Gudak / Plot Cam


Selain aplikasi untuk mempercantik video, sekarang saatnya membahas foto. Huji Cam, Gudak maupun Plot Cam, adalah tiga aplikasi berbeda untuk pengambilan foto bernuansa jadul.

Foto jadul atau foto dengan film biasanya menampilkan tanggal di sebelah kanan atau kiri tergantung pemakaian kameranya, juga memiliki tone warna yang khas berdasarkan dari jenis film yang dipakai.

Nah, ketiga aplikasi ini memiliki ciri khas tersebut. Bedanya, Huji Cam dapat didownload secara gratis di iOS dan Android, namun Gudak dan Plot Cam berbayar.

Selain itu, Plot Cam bukan hanya untuk mengedit foto bernuansa jadul, tapi juga bisa mengedit foto dalam bentuk polaroid, juga ditambah tulisan-tulisan lucu.




Pemakaian ketiga aplikasi juga unik, berbentuk seperti kamera jadul yang harus dilihat melalui viewfindernya terlebih dahulu. Jenis foto-foto jadul ini lagi hits di kalangan pemakai Instagram.

Coba Nih, Deretan Aplikasi Gratis untuk Konten ala Selebgram


4. Lightroom

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Lightroom adalah tempat khusus mengedit foto. Di Lightroom, kamu bisa mengatur foto kamu yang sebelumnya kurang menarik, menjadi seperti difoto oleh fotografer profesional.

Lightroom dapat didownload secara gratis di iOS dan Android. Selain Lightroom, aplikasi edit foto yang serupa seperti VSCO, Snapseed dan Afterlight juga memiliki fitur yang hampir mirip dan tidak kalah keren.

Coba Nih, Deretan Aplikasi Gratis untuk Konten ala Selebgram


5. Snow

Bagi kamu yang suka selfie, aplikasi Snow ini cocok buat kalian. Dalam Snow, tersedia berbagai macam filter untuk mempercantik hasil selfie.

Snow bisa mengedit foto yang diambil langsung dalam aplikasi, maupun foto yang sudah ada di galeri sebelumnya. Dalam Snow, bukan hanya filter, tapi ada juga fitur 'make-up instan' untuk mempercantik hasil selfie kamu.

Jadi, kalau warna lipstik kamu kurang menyala atau blush-on kamu kurang on point, Snow bisa mengatasi masalah itu.

Tapi, Snow juga tidak berfokus pada foto selfie. Kalau kamu ingin mengedit foto dengan frame layaknya hasil dari klise film lama, Snow juga menyediakannya. Asyiknya lagi, tersedia pilihan stiker yang lucu-lucu.

Coba Nih, Deretan Aplikasi Gratis untuk Konten ala Selebgram


6. Planoly

Sudah puas dengan aplikasi untuk memperindah konten Instagram, sekarang beralih ke pengaturan feed Instagram kalian. Dengan Planoly, kalian bisa merencanakan isi feed Instagram.

Kebanyakan pengguna Instagram menyesuaikan feed Instagram mereka dengan tone warna yang serupa. Maksudnya, jika ingin mengupload foto atau video baru dalam Instagram, tone warnanya harus diperhatikan dengan tone warna pada foto atau video Instagram yang diunggah sebelumnya.

Jika tidak sesuai harapan, biasanya foto tersebut dihapus atau dihilangkan. Daripada repot-repot melakukan itu, Planoly memberikan solusinya.

Aplikasi Planoly memberikan 'duplikat' dari tampilan Instagram kamu. Jadi, kalian bisa merencanakan apa yang mau kalian posting di Instagram.

Kalau memang tidak cocok, tinggal mengubahnya di Planoly tanpa harus mengupload langsung ke akun Instagram asli kalian. Planoly juga punya fitur 'auto-post' atau otomatis mengunggah foto atau video ke dalam akun Instagram sesuai jam dan hari yang sudah ditentukan.

Silakan mencoba! (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed