Rabu, 19 Sep 2018 14:29 WIB

Times Newer Roman, Font 'Nakal' buat Tulis Makalah

Naela Inaya - detikInet
Ilustrasi mengetik dengan font yang bukan Times Newer Roman (Foto: Tim Boyle/Getty Images) Ilustrasi mengetik dengan font yang bukan Times Newer Roman (Foto: Tim Boyle/Getty Images)
Jakarta - Jumlah halaman terkadang jadi tantangan dalam menulis makalah, esai, atau paper. Rupanya kini ada "font" nakal yang berpotensi menyiasati hal itu.

Pernah berusaha memanjang-manjangkan tulisan agar bisa sepanjang lima halaman, berspasi satu, dengan font ukuran 12 dari Times New Roman? Tantangan macam itu tak asing buat penulis profesional atau mahasiswa.

Untuk menyiasati tantangan semacam itu, boleh jadi Anda kemudian berusaha mengulang kata yang itu-itu saja, memperbesar ukuran font, atau yang paling sering dijumpai adalah menambah spasi antar paragraf. Semua dilakukan seraya berharap tak ketahuan.

Sebuah firma pemasaran, MSCHF, membaca situasi tersebut dan kemudian merilis sebuah font "nakal". Sebagaimana dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (19/9/2018), perusahaan dari Brooklyn, AS, itu menyebutnya sebagai Times Newer Roman -- atau Times New Roman yang lebih baru.

Times Newer Roman ini memiliki bentuk dan jenis serupa dengan Times New Roman. Bedanya, setiap karakter sedikit diubah dengan ukuran 5-10 persen lebih lebar.

Menurut laman web Times Newer Roman, sebuah tulisan sepanjang 15 halaman dengan font ukuran 12 jadi cuma membutuhkan 5.833 kata. Lebih sedikit dibandingkan 6.680 kata saat menggunakan font Times New Roman dengan font dan jumlah halaman sama. Bedanya 847 kata.

Pun begitu, siasat pakai font Times Newer Roman ini cuma berlaku untuk tulisan dalam bentuk hardcopy atau PDF. Di format softcopy tidak berlaku dikarenakan pihak yang menerima file itu harus punya font serupa -- jika tidak maka tulisan takkan terbaca.

Font "nakal" ini juga hanya untuk mengakali jumlah halaman, bukan jumlah kata. Selain itu, tentu saja cuma berguna jika pihak yang ingin diakali belum tahu soal siasat font Times Newer Roman ini. Kalau ketahuan, siap-siap diberi tugas ekstra lho!

(krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed