Selasa, 18 Sep 2018 13:15 WIB

Mau Install iOS 12 tapi Storage Minim? Bisa Coba Cara Ini

Kris Fathoni W - detikInet
Ada beberapa cara yang bisa dicoba jika terkendala masalah storage saat ingin install iOS 12 (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images) Ada beberapa cara yang bisa dicoba jika terkendala masalah storage saat ingin install iOS 12 (Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Jakarta - Sistem operasi terbaru Apple, iOS 12, sudah resmi dirilis untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad. Tapi mungkin ada yang terkendala kapasitas penyimpanan perangkatnya.

iOS 12 tersedia untuk sejumlah perangkat, bahkan yang lawas sekalipun. Klaim Apple mengenai peningkatan performa cukup signifikan turut membuat kehadiran iOS 12 amat ditunggu.




Di sisi lain kapasitas penyimpanan (storage) bisa jadi kendala dalam keinginan untuk meng-install iOS 12. Apalagi pada perangkat yang cuma punya total storage 16GB.


Seperti dikutip detikINET dari Inverse, Apple sejatinya sudah cukup piawai menyiasati keterbatasan storage di perangkatnya dengan mengoptimalkan penyimpanan di "awan".

Pun begitu, buat sejumlah kalangan hal itu masih belum cukup. Berikut beberapa tips yang dirangkum Inverse jika kamu ingin meng-install iOS 12 tapi punya storage minim.



Dalam kebanyakan situasi, hal ini dapat dilakukan:

Masuk "Settings" lalu pilih "General" dan kemudian "Software Update". Konfirmasi update iOS 12. Setelah itu iOS akan berusaha untuk menghapus aplikasi untuk membuka ruang. Setelah update, konten itu akan otomatis terinstall lagi.

Jika tidak berhasil, ada beberapa langkah lanjutan yang dapat dilakukan:

Gunakan iTunes

Trik ini sejatinya sudah cukup diketahui secara luas, bahwa proses update perangkat via iTunes tetap dapat dilakukan kendatipun kapasitas penyimpanan sudah minim. iTunes akan men-download paket update ke komputer dan melakukan pembaruan via USB, alih-alih mengunduh seluruh paket tersebut di atas sistem operasi sebelumnya.

- Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat kamu ke komputer yang sudah terinstall versi terbaru iTunes.
- Klik perangkatmu, lalu klik "Check for Updates".
- Ikuti saja instruksi di layar untuk men-download dan meng-install.




Cara terakhir, hapus hal yang tak lagi diperlukan

Jika cara di atas tak sukses, tampaknya kamu memang harus benar-benar mengucap selamat tinggal ke sejumlah hal yang tersimpan di perangkatmu.

Di "Settings", "General" dan kemudian "Storage", kamu bisa melihat rincian cara dan opsi untuk melapangkan penyimpanan dalam perangkatmu. Ya, hitung-hitung sekaligus bersih-bersih isi perangkat.

Tonton video 20Detik 'iOS 12 Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya' di sini: (krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed