Jumat, 06 Jul 2018 06:30 WIB

Tips dan Trik

Begini Cara Mengisi Ulang Baterai Ponsel yang Benar

Indissa Salsabila - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Memang tidak dapat dihindari jika suatu saat nanti baterai ponsel akan rusak lantaran usia pemakaian. Akan tetapi pengguna akan merasakan baterai ponsel lebih cepat rusak atau bocor bilamana tidak merawatnya dengan benar.

Karena itu disarankan untuk pengguna ponsel merawat baterai ponsel, salah satunya dengan melakukan proses mengisi ulang dengan benar. Dilansir dari laman Popular Mechanics, Jumat (6/7/2018), adapun cara mengisi daya baterai yang disarankan sebagai berikut:

1. Tidak sembari memainkan ponsel

Tidak masalah jika Anda tertidur semalaman dan meninggalkan baterai terus terisi. Sebab, baterai ponsel dan pengisi daya saat ini sudah cukup pintar untuk mengatur daya yang masuk ke dalam perangkat agar tidak berlebihan. Selain itu, mengisi baterai ponsel semalaman lebih baik dibandingkan mengisi daya sambil memainkan ponsel.

2. Isi daya baterai kapanpun ada kesempatan

Tidak praktis memang bagi sebagian pengguna untuk mengisi daya baterai kapapun mereka bisa. Namun menurut Battery University, tidak menjadi masalah jika pengguna mencolok dan mencabut beberapa kali sehari saat ponsel mengisi daya.


3. Upayakan agar baterai ponsel tetap dingin

Yang menjadi berbahaya bukan lah seberapa lama pengguna mengisi daya baterai, namun panas yang dirasakan oleh baterai ponsel. Baterai ponsel, khususnya smartphone sangat sensitif terhadap panas, bahkan pihak Apple menyarankan para penggunanya untuk melepaskan casing ponsel yang dapat mengisolasi panas saat mengisi daya baterai. Selain itu, pengguna sebaiknya melindungi ponsel saat berada di bawah panas sinar matahari, hal ini akan memelihara kesehatan baterai ponsel.

Baca Juga : Melindungi Ponsel dari Suhu Panas Musim Kemarau


(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed