Selasa, 03 Apr 2018 11:42 WIB

Tips Bikin Slow-Mo Keren Pakai Galaxy S9 dan S9+

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Samsung Galaxy S9+ (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Samsung Galaxy S9+ (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Konten video slow motion atau adegan gerak lambat bakal menjadi tren di media sosial (medsos). Jadi, tidak ada salahnya menguasai cara membuat slow-mo yang keren.

Salah satu smartphone yang mampu mengakomodir pembuatan video gerak lambat adalah Galaxy S9 dan S9+. Kamera belakang pada ponsel ini bisa merekam gambar 32 kali lebih lambat dari video normal.

Selain itu, Galaxy S9 dan S9+ juga diklaim mampu membuat video slow motion empat kali lebih lambat dibanding teknologi slow motion di smartphone lain. Hal ini karena Galaxy S9 dan S9+ mampu meningkatkan shutter speed kameranya hingga 960 fps, sedangkan smartphone lain kebanyakan masih berkutat di 240 fps.

Kemampuan yang disebut dengan Super Slow-Mo ini membuat ponsel tersebut bisa mentransformasi momen selama 0,2 detik menjadi sepanjang enam detik.



Untuk menghasilkan konten super slow-mo yang menarik, fotografer profesional David Soong membagikan langkah mudah bagi para pengguna Galaxy S9 dan S9+.

Pertama, pengguna masuk ke aplikasi kamera, lalu pilih fitur super slow-mo, dan pilih mode auto.

Dalam mode tersebut, pengguna cukup menggeser kotak kuning pada layar untuk diposisikan pada area di mana gerakan cepat akan terjadi. Terakhir, cukup tekan tombol shutter dan kamera akan menangkap gerakan cepat yang terjadi di area yang sudah dililih sebelumnya.

Tips Bikin Slow-Mo Keren Pakai Galaxy S9 dan S9+Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Lebih lanjut, David menekankan setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengambil video super slow-mo. Ketiganya mencakup momen, pencahayaan, dan musik.

Untuk aspek pertama, menurut David, banyak momen luar biasa terjadi setiap hari mulai dari bangun di pagi hari hingga kita kembali tidur. Momen atau objek bergerak cepat yang akan direkam dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti orang berlari, kibasan rambut kekasih, maupun percikan anak kala bermain air.



"Melalui video super slow-mo, momen-momen yang berlalu begitu cepat itu bisa dinikmati dengan lebih lama, lebih epik, dan memiliki potensi besar untuk disukai banyak orang," ujarnya di acara workshop Galaxy S9 dan S9+ di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam hal pencahayaan, David mengatakan bahwa Matahari menjadi sumber paling ideal untuk merekam video super slow-mo karena memiliki frekuensi sempurna untuk diperlambat hingga 960 fps.

Untuk aspek terakhir, yang patut diperhatikan adalah musik yang sesuai. Menurutnya, menambahkan musik latar dalam konten video super slow-mo dapat menambah berbagai efek yang diinginkan, seperti romatis, humor, hingga menegangkan. Dengan demikian, adegan slow mo akan jadi lebih menarik.

"Penyertaan backsound pada video super slow-mo dapat meningkatkan efek dramatis, berkesan, hingga menggelikan. Pilih musik latar yang sesuai supaya bisa menciptakan video yang menuai banyak like," pungkas David.


[Gambas:Youtube]


[Gambas:Youtube]


[Gambas:Youtube]


[Gambas:Youtube]

(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed