BERITA TERBARU
Jumat, 09 Feb 2018 17:27 WIB

Tips dan Trik

Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan WhatsApp

Josina - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images/ Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan aplikasi chit-chat WhatsApp yang saat ini sudah tembus 1,5 miliar pengguna? Mungkin Anda salah satu penggunanya. WhatsApp kini dijadikan alat utama untuk berkomunikasi di seluruh dunia.

WhatsApp menjadi alat komunikasi banyak orang tak hanya sebagai kirim berupa teks, tapi juga bisa mengirimkan beragam file dari gambar, video, audio, dokumen bahkan juga bisa melakukan panggilan suara dan video.

Nah, jika kamu sebagai pengguna aktif yang setiap harinya harus berkomunikasi dengan whatsApp terlebih memiliki puluhan grup chat yang saling mengirimkan pesan, tentunya untuk bisa mengakses semua itu diperlukannya kuota internet yang banyak dan kencang.

Untungnya, aplikasi pesan ini memiliki fitur alternatif agar aplikasi milik Facebook ini tidak menyedot banyak kuota. Berikut langkah-langkahnya yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu tap ikon titik tiga yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu Setelan (Setting)

Menghemat Kuota Saat  Menggunakan WhatsAppFoto: Screenshot


2. Pada menu setelan, pilih menu Penggunaan data dan Penyimpanan (Data and Storage Usage)

Menghemat Kuota Saat  Menggunakan WhatsAppFoto: Screenshot


3. Pada bagian Unduh Otomatis Media (Media Auto-Download), plik menu 'Saat Menggunakan Data Seluler' (When using mobile data). Pada bagian, Anda bisa menghilangkan semua centang, hal ini dimaksudkan agar foto, audio, video ataupun file yang dikirim lewat WhatsApp tidak otomotis terunduh.

Ini merupakan bagian paling penting untuk menghemat kuota, sebab jika diaktifkan ketika Anda memiliki grup chat dan aktif , tentu segala chat berupa foto dan video akan masuk dan otomatis terunduh sehingga membuat kuota internet makin tersedot.

Menghemat Kuota Saat  Menggunakan WhatsAppFoto: Screenshot



6. Langkah terakhir, silahkan berikan centang pada pilihan Penggunaan Data Minimum (Low Data Usage). Dengan mencentang opsi ini, ketika Anda melalukan panggilan suara atau video maka fitur ini akan menekan data sehingga akan menghemat kuota.

Menghemat Kuota Saat  Menggunakan WhatsAppFoto: Screenshot

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.