Kamis, 14 Des 2017 15:35 WIB

Tips dan Trik

Mau Foto ala Food Blogger? Intip Tips Berikut

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi food photography menggunakan kamera ponsel. Foto: Polytron Pime 7 Ilustrasi food photography menggunakan kamera ponsel. Foto: Polytron Pime 7
Jakarta - Memotret makanan untuk diposting ke medsos menjadi salah satu kegemaran anak zaman now. Nah, supaya hasil menarik, tips ini mungkin bisa dicoba.

Apalagi bagi pengguna yang ingin coba-coba jadi food blogger. Mulai dari menentukan tema, penataan posisi makanan, hingga pencahyaan yang pas jadi beberapa faktor penting demi hasil jepretan ciamik. Berikut tipsnya.

1. Tentukan tema dari food blog kamu

Wajib bagi para food blogger untuk mengetahui makanan apa yang sebenarnya mau kamu ulas. Lebih baik lagi, jika kamu sudah memiliki kriteria makanan yang spesifik, misalnya khusus jajanan pasar, makanan modern, makanan tradisional dan lain sebagainya.

Tujuannya, agar si pembaca tahu segmen makanan yang kamu coba suguhkan. Hal ini juga membuat setiap posting kamu fokus dan tepat sasaran.

2. Penataan makanan

Setelah kamu sudah tahu mau mengulas makanan apa, hal penting yang harus kamu lakukan adalah lakukan penataan makanan. Yup, styling adalah harus. Ada berbagai metode styling yang sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Manfaatkan beberapa aksesoris agar foto makanan kamu dapat terlihat lebih menarik, berpikirlah sekreatif mungkin.

3. Sudut pandang dan pencahayaan

Kamu juga harus belajar bagaimana untuk mengambil sudut pandang dan pencahayaan yang baik untuk mengambil gambar. Sudut pandang yang baik dan benar mampu menghasilkan foto makanan yang indah.

Jika misalnya tempat makan kamu agak gelap, cobalah menyiasatinya dengan memilih lokasi dekat jendela misalnya. Efek yang diberikan sorotan dari jendela bisa memberikan kesan menggiurkan pada makanan.

4. Gadget untuk food photography

Untuk menjadi food blogger, sebenarnya kamu tak harus memiliki kamera DSLR yang berharga belasan bahkan puluhan juta rupiah untuk dapat menghasilkan foto yang bagus.

Secara teknis, kamera DSLR memang jauh lebih unggul daripada kamera handphone. Tetapi, bukan berarti smartphone tidak mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Sebagai contoh, kamera ponsel seperti yang ada di Polytron Prime 7 cukup mumpuni untuk memotret makanan.

Prime 7 memiliki kamera depan 8MP wide angle dan kamera utama 13MP yang diklaim mampu menangkap gambar lebih terang dan tajam. Lantaran dilengkap sensor ISOCELL yang mampu menghasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam, walaupun dalam kondisi cahaya minim.

Ada juga Sensor PDAF (Phase Detection Auto Focus) yang dilengkapi dengan Ball Bearing AF Motor yang bikin fokus pada objek lebih cepat dan akurat. Selain itu Prime 7 juga dibekali lensa kamera yang didesain untuk mengurangi efek flare, sehingga hasil jepretan selalu terjaga detailnya.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed