Rabu, 07 Des 2016 11:18 WIB

4 Tips agar Si Kecil Tak Kecanduan Gadget

Radian Nyi Sukmasari - detikInet
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Untuk anak usia dua tahun ke atas, waktu pemakaian gadget yang direkomendasikan hanya satu sampai dua jam sehari. Sayangnya, dalam keseharian mudah ditemui anak yang menghabiskan banyak waktu dengan gadgetnya.

Padahal, belum tentu apa yang didapat anak dari gadgetnya benar-benar bermanfaat untuk dia. Untuk itu, pakar perkembangan anak Dr Kristy Goodwin mengatakan membangun hubungan sehat antara anak dan gadget perlu dilakukan.

"Anak-anak sering melampaui kemampuan teknis orang tua. Bahkan mereka sudah belajar menyadap, menggesek, dan mengoperasikan gadgetnya sebelum belajar memegang pensil, naik sepeda, dan mengikat tali sepatu," tutur Goodwin, dikutip dari Essential Baby.

Karena tekonolgi semakin maju, tak ayal situasi itu pun menimbulkan dilema di mana orang tua mesti memperbarui keterampilan mereka agar tak ketinggalan dengan sang anak. Demikian disampaikan Goodwin.

Bermain gadget dikatakan Goodwin tak selalu membawa dampak buruk. Asal digunakan dengan tepat dan sesuai usia anak, gadget bisa bermanfaat. Di antaranya sebagai media belajar interaktif, sarana mengasah kreativitas, dan memberi dukungan untuk anak yang memiliki kebutuhan pembelajaran berbeda.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua agar si kecil tidak kecanduan gadget, seperti diungkapkan Goodwin, berikut ini:

1. Buat batasan waktu

Goodwin selalu mendorong orang tua untuk tegas menerapkan batasan waktu, jika ayah dan ibu ingin membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi pada anak. Jika hanya dengan ucapan batasan waktu sulit diterapkan saat anak bermain gadget, Goodwin menyarankan gunakan aplikasi jam yang bisa membatasi penggunaan gadget. Ketika waktu bermain gadget habis, gawai itu akan terkunci dan baru bisa digunakan lagi di waktu berikutnya.

2. Jauhkan gadget di waktu-waktu tertentu

Goodwin menganjurkan untuk menjauhi gadget di waktu tertentu. Terutama saat waktu tidur siang dan tidur malam, paparan cahaya biru dari gadget justru bisa menghambat produksi melatonin tubuh. Akibatnya, anak dan orang tuanya jadi sulit tidur.

"Dalam penerapan aturan membatasi gadget, contoh dari orang tua amat penting," ujar Goodwin.

3. Perlakukan gadget dengan benar

"Hindari menggunakan gadget sebagai imbalan atau suap. Sebab, kita ingin anak-anak melihat teknologi sebagai alat, bukan mainan. Ketika gagdet digunakan sesuai fungsinya, bukan sebagai hadiah, anak lebih mungkin membuat hubungan yang sehat dengan teknologi," papar Goodwin.

4. Jangan lupa lakukan kegiatan outdoor

Goodwin menekankan pentingnya menyeimbangkan waktu bermain gadget dengan waktu melakukan permainan real. Menurut Goodwin, bermain secara tidak terstruktur di luar ruangan, bergerak, dan mengeksplorasi lingkungan sekitar penting untuk perkembangan anak-anak yang sehat. (rdn/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed