Canggih! Telkomsel Bisa Samarkan Nomor HP Pribadi

Canggih! Telkomsel Bisa Samarkan Nomor HP Pribadi

ADVERTISEMENT

Canggih! Telkomsel Bisa Samarkan Nomor HP Pribadi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 31 Jan 2023 19:45 WIB
Telkomsel memiliki solusi canggih yang bisa menyamarkan nomor telepon pribadi, yakni fitur Number Masking bagian dari solusi Telkomsel nGage.
Telkomsel memiliki solusi yang bisa menyamarkan nomor HP pribadi. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Operator seluler Telkomsel memiliki solusi canggih yang bisa menyamarkan nomor telepon pribadi. Ini menjadi jawaban dari persoalan privasi digital masyarakat seiring masifnya penggunaan layanan digital.

Solusi tersebut bernama Number Masking, fitur yang memungkinkan pengguna dapat menyamarkan nomor telepon aslinya. Nomor yang tertera itu dilakukan secara acak, sehingga dapat terhindar dari orang-orang jahil.

Adapun, fitur serupa lainnya, Video API dan Two-Factor Authentication disediakan Telkomsel yang ketiga fitur itu bagian dari inovasi Communications Platform as a Service (CPaaS) Telkomsel nGage.

Telkomsel nGage sendiri merupakan layanan Telkomsel Enterprise, unit usaha perusahaan yang menyediakan solusi bisnis komperhensif untuk segmen perusahaan, pemerintah, hingga UMKM.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel Enterprise jadi solusi yang relevan yang ditawarkannya kepada perusahaan

"Solusi itu datang dari masalah, karena kita tahu permasalahannya apa jadi kita bica menciptakan solusi relevan yang sudah diciptakan di lapangan berdasarkan observasi terkait 'masalah apa yang dimiliki mitra kita'," ujar Nugroho di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Dalam mengembangkan Telkomsel nGage, Telkomsel berkolaborasi dengan Bridge Alliance yang berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT).

Melalui kolaborasi ini, ditambah dengan optimalisasi keunggulan sumber daya aset digital Telkomsel, Telkomsel nGage hadir sebagai solusi CPaaS yang diklaim mampu menjawab kebutuhan korporasi di berbagai industri.

Pada penerapannya, Telkomsel nGage memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk menambahkan fungsi komunikasi real-time, mulai dari telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi mereka melalui pemrograman aplikasi antarmuka atau Application Programming Interface (API) yang memungkinkan produk atau layanan lain dapat saling terhubung.

Telkomsel nGage memberikan fleksibilitas komunikasi melalui berbagai platform digital seraya tetap mengedepankan keamanan data untuk memberikan rasa aman bagi para pelanggan korporasi dan seluruh pemangku kepentingan di dalamnya.

Gojek adalah salah satu pengguna solusi Telkomsel nGage dan telah menerapkannya. Gojek memanfaatkan Number Masking atau fitur penyamaran nomor telepon pribadi.

Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi serta keamanan data berupa nomor telepon pribadi para pengguna, baik mitra driver maupun pelanggan. Hal ini dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan nomor telepon yang dapat merugikan berbagai pihak



Simak Video "Penggabungan Telkomsel-IndiHome Bakal Diumumkan di Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT