Cara Pelajar SMA/SMK Asah Skill Jadi Talenta Digital Kelas Dunia

Cara Pelajar SMA/SMK Asah Skill Jadi Talenta Digital Kelas Dunia

ADVERTISEMENT

Cara Pelajar SMA/SMK Asah Skill Jadi Talenta Digital Kelas Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 13 Jan 2023 19:33 WIB
Para pelajar kelas 12 SMK 1 Jakarta mengikuti ujian nasional berbasik komputer (UNBK). Total ada 1.485.302 siswa dari 13.054 sekolah yang mengukuti UN hari ini.
Ilustrasi pelajar SMA/SMK asah kemampuan jadi talenta digita. Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Telkom melalui aplikasi pembelajaran online, Pijar, memfasilitasi lulusan SMK maupun SMA yang memiliki talenta digital berdaya saing global.

Pijar merupakan bagian dari produk digital Telkom ini merupakan produk dan layanan ekosistem edukasi di Indonesia secara end-to-end berupa platform pembelajaran berbasis digital untuk mendukung terciptanya SDM unggul Indonesia yang kompeten, inovatif, dan siap kerja.

CEO Pijar by Telkom Indonesia, Djufri Ardian, mengatakan, semua generasi muda Indonesia harus memiliki kemampuan mumpuni agar bisa bekerja di dunia global. Salah satu caranya adalah pelajar SMK/SMA memiliki kemampuan soft skill dan hard skill mumpuni dengan mengikuti pelatihan dari Pijar.

"Di samping program Pijar Mahir, saat ini ada ribuan pelatihan dari berbagai bidang, terutama saat ini kami memiliki Pijar Camp. Ini adalah program bootcamp yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi bidang teknologi dan digital. Peserta berkesempatan dilatih langsung dengan mentor yang kompeten di bidangnya," ujar Djufri dalam keterangannya, Jumat (13/1/2023).

Djufri melanjutkan, Pijar Camp dikemas secara menarik mungkin agar peserta menikmati dan memahami materi pembelajaran yang diberikan. Adapun, nantinya akan diberikan sertifikat kredibel, pembekalan karir, bahkan sampai disalurkan ke dunia kerja relevan.

"Waktu belajarnya lima hari dalam seminggu secara online dengan materi pilihan DevOps Engineer, FullStack Website Developer, dan Fullstack Web and mobile developer. Peserta harus cepat mendaftar karena minat tinggi membuat kuota kelas cepat penuh," sambungnya.

Adapun program Pijar lainnya untuk peningkatan skill level global seperti Pijar Mahir Bahasa (pelatihan Bahasa Inggris/Bahasa Jepang untuk customer service/admin/sales/dst), Pijar Mahir Digital (UI Designer, Social Media 101, Data Science, Animasi, dst).

"Pendidikan menjadi syarat utama membuat Indonesia menjadi negara maju. Saat ini dan kedepannya, Telkom akan terus berperan mencerdaskan semua generasi muda di Indonesia dengan terus mengembangkan Pijar," ungkapnya.

Sementara itu, Heru Dewanto selaku Chairman Markija, mengungkapkan cara meningkatkan kemampuan generasi muda Indonesia agar bersaing di dunia global adalah dengan belajar dan magang secara langsung dengan generasi muda lain di luar negeri.

"Hal ini bisa bermanfaat untuk membuat generasi muda Indonesia belajar langsung dan meneladani cara kerja yang baik, serta menerapkannya kembali di Indonesia," ucapnya.

Telkom melakukan penandatanganan kerjasama SMK Telkom Malang dengan Markija terkait kolaborasi pengembangan dan pelatihan IT, magang industri bagi guru dan siswa, rekrutmen tenaga kerja, kegiatan pendidikan vokasi upskilling, dan teaching factory.

"Para siswa SMK berdaya saing global ini akan kami bantu salurkan untuk akses pasar kerja luar negeri dengan dibantu disalurkan oleh startup Markija," katanya.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT