Di 2023, Telkomsel dan XL Axiata Terus Bangun Jaringan 4G Sampai Pelosok

Di 2023, Telkomsel dan XL Axiata Terus Bangun Jaringan 4G Sampai Pelosok

ADVERTISEMENT

Di 2023, Telkomsel dan XL Axiata Terus Bangun Jaringan 4G Sampai Pelosok

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 07 Des 2022 20:14 WIB
elegant attractive female muslim using mobile smartphone searching online information when she sitting on sofa couch relaxing.
Meski era 5G secara perlahan-lahan sudah memasuki Indonesia, operator seluler seperti Telkomsel dan XL Axiata tetap akan mengembangkan jaringan 4G. Foto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory
Jakarta -

Meski era 5G secara perlahan-lahan sudah memasuki Indonesia, operator seluler seperti Telkomsel dan XL Axiata tetap akan mengembangkan jaringan 4G.

Daerah yang belum tersedia akses internet hingga daerah di luar Pulau Jawa menjadi incaran kedua operator seluler ini.

"Selama belum masuk ke 5G, 4G akan terus dikembangkan," ujar Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu ditemui di Jakarta.

Disampaikan Samuel di saat Telkomsel menggelar jaringan 4G, dalam waktu yang bersamaan anak perusahaan Telkom ini juga mengembangkan 5G. Hanya saja layanan 5G belum diaktifkan. Berapa target 4G untuk 2023?

"Kami tidak pegang datanya tapi yang pasti akan terus bertambah banyak," ucap Samuel.

Sementara itu, XL Axiata pun masih akan terus melakukan pengembangan infrastruktur 4G, yang mana mereka akan fokus pada pembangunan di luar Pulau Jawa, baik melalui pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dan fiberisasi.

"Pengembangan jaringan tersebut tentunya termasuk dengan ekspansi dan juga peningkatan kapasitas. Untuk target pembangunannya tentunya ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan dinamika persaingan yang ada," kata Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan.

Lebih lanjut, XL Axiata akan melakukan peningkatan dan perluasan jaringan 4G serta jaringan 5G secara bertahap tentu juga tetap menjadi prioritas utama.

"Mengenai jumlah BTS dan Capex saat ini kami belum bisa menyampaikan karena kami masih fokus untuk menyelesaikan pencapaian target perusahaan hingga akhir tahun terlebih dahulu," pungkasnya.



Simak Video "Penggabungan Telkomsel-IndiHome Bakal Diumumkan di Awal 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT