Telkom ITDRI dan BRIN Kolaborasi Riset Pemerataan Digitalisasi UMKM

Telkom ITDRI dan BRIN Kolaborasi Riset Pemerataan Digitalisasi UMKM

ADVERTISEMENT

Telkom ITDRI dan BRIN Kolaborasi Riset Pemerataan Digitalisasi UMKM

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 27 Nov 2022 14:12 WIB
Telkom dan BRIN
Foto: Telkom
Jakarta -

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berkolaborasi dengan Telkom melalui Indonesia Telecommunication & Research Institute (ITDRI) untuk mengatasi kesenjangan digitalisasi di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan temuan hasil riset Pusat Riset Ekonomi Makro Keuangan BRIN di tahun 2021, terdapat kesenjangan yang cukup besar antara usaha skala besar dan mikro kecil dalam memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, UMKM belum banyak dapat diakses karena isu infrastruktur, literasi teknologi, dan ketersediaan teknologi.

Padahal di sisi lain, literasi dan adopsi teknologi menjadi hal yang penting dilakukan karena mengingat pemanfaatan teknologi akan menentukan tingkat produktivitas dan daya saing, baik di nasional maupun internasional.

"Teknologi saat ini masih dipahami dalam proses untuk mengembangkan ekonomi di sisi hilir, namun masih lemah di sisi hulu nya. Oleh karena itu, kolaborasi keduanya jadi langkah strategis yang harus didukung bersama. Aspek produktivitas jadi hal yang penting untuk dikaji yang bisa meningkatkan perekonomian Indonesia," ujar Kepala Pusat Riset Ekonomi Makro dan Keuangan BRIN, Zamroni, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/11/2022).

Perjanjian kerjasama ini menjadi bentuk kolaborasi antara Pusat Riset Ekonomi Makro Keuangan (PREMK) BRIN dengan Telkom melalui ITDRI (Indonesia Telecommunication & Research Institute). Keduanya mempercayai akan mempercepat transformasi digital khususnya bagi pelaku UMKM di Indonesia.

Jemy V. Confido, Chairman of ITDRI meyakini bahwa UMKM di Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan ekonomi nasional, dengan adanya digitalisasi yang berlangsung diseluruh dunia maka seluruh sektor akan tedisrup teknologi.

Oleh karena itu, kolaborasi riset ini harus didukung karena menjadi inisiatif yang sangat baik sebagai bentuk riset dalam menyiapkan kesiapan digital UMKM.

"Ketika berbicara tentang UMKM, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Dalam hal ini kita harus membantu rekan-rekan UMKM agar bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional yang benar-benar tidak tergoyahkan," kata Jemy.

Sebelumnya, PREMK-BRIN dan Telkom-ITDRI telah melakukan kolaborasi riset secara berkala di Mandalika, kali ini keduanya akan berkolaborasi untuk melakukan penelitian bersama mengenai pengembangan teknologi digital yang menjadi solusi peningkatan efisiensi dan produktivitas UMKM.

Adapun kolaborasi riset ini akan dilakukan di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan dengan memiliki tiga tujuan penelitian meliputi; Identifikasi karakter teknologi UMKM, mengembangkan teknologi digital untuk UMKM dan mengembangkan model adopsi berbasis kolaborasi Penta-Helix.

Melalui tiga pilar utama yang dimiliki Telkom-ITDRI yaitu learning, research and innovation, kolaborasi keduanya diyakini dapat saling berkontribusi dalam mempercepat transformasi Indonesia melalui digitalisasi UMKM yang akan meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian nasional.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT