Di B20, Telkom-Google Sepakat Geber Transformasi Digital di Indonesia

Di B20, Telkom-Google Sepakat Geber Transformasi Digital di Indonesia

ADVERTISEMENT

Telkom KTT G20 Bali

Di B20, Telkom-Google Sepakat Geber Transformasi Digital di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Nov 2022 16:55 WIB
Monumen G20 Bali dibangun untuk memeriahkan acara KTT G20 2022 di Bali. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 2022 tanggal 15-16 November 2022.
Monumen G20 di Bali. Telkom menjalin kemitraan dengan Google untuk transformasi digital di Indonesia. (Foto: I Wayan Sui Suadnyana)
Jakarta -

Perusahaan plat merah Telkom menjalin kolaborasi strategis dengan Google Cloud untuk memajukan agenda transformasi digital Indonesia. Kesepakatan terjalin di B20 yang merupakan side event KTT G20 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Perjanjian multi tahunan menjadi landasan Telkom untuk memperkuat posisinya sebagai agen digitalisasi di berbagai aspek ekonomi dan masyarakat. Dengan menggabungkan kompetensi utama dari Google Cloud dan memanfaatkan kemampuan tambahan di Android, Google Ads, dan Grow with Google, Telkom ingin memainkan peran integral dalam mendukung Indonesia Digital 2024.

Selain itu juga, hal ini mendukung Telkom untuk meraih peluang pertumbuhan inklusif dalam ekonomi digital yang bernilai USD 130 miliar pada tahun 2025.

"Di Telkom, kami memiliki tanggung jawab untuk membangun infrastruktur dan platform digital cerdas yang dapat diakses oleh semua masyarakat sehingga berkontribusi pada pembangunan bangsa, sekaligus memfasilitasi digitalisasi di seluruh industri," kata Direktur Bisnis Digital, Telkom, Muhammad Fajrin Rasyid di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Untuk itu, Telkom menggandeng Google yang merupakan salah satu mitra strategis untuk mewujudkan tujuan tersebut. Pemilihan perusahaan teknologi asal AS itu juga punya pengalaman akan membangun platform dan ekosistem terpercaya di seluruh dunia.

"Kemitraan ini dengan memanfaatkan keunggulan utama kedua perusahaan, akan memperkuat kemampuan kami untuk menciptakan ekosistem digital terkemuka dengan talenta dan solusi yang tepat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu ekonomi paling kompetitif di dunia," ucapnya.

Dalam kolaborasi antara Telkom dan Google Cloud ini mencakup empat strategi penting. Hal itu adalah mempercepat transformasi digital di seluruh industri, menjembatani kesenjangan talenta digital nasional, memberdayakan startup Indonesia untuk berkembang dan berskala global, dan menghadirkan infrastruktur cerdas dan layanan digital berkualitas tinggi.

Megawaty Khie selaku Country Director, Indonesia, Google Cloud menuturkan menjadi penting bahwa perusahaannya berinvestasi membangun kemampuan digital guna memperkuat tujuan bersama untuk pulih bersama dampak pandemi global dan menciptakan fondasi pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

"Bersama Telkom, kami bertujuan untuk membina talenta yang terampil dalam memanfaatkan teknologi cloud dan konektivitas untuk menciptakan solusi terbaik di kelasnya," ungkap Megawaty.

"Ini akan mendukung transformasi digital di setiap industri, baik itu untuk memberikan layanan publik yang terpusat pada masyarakat dan sistem kesehatan yang adil, atau mendorong inklusif keuangan dan efisiensi produksi manufaktur," pungkasnya.

Simak juga Video: Elon Musk Bicara soal Masa Depan Twitter di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]




(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT