Tak Jauh dari Ibukota, 150 Titik di Lebak Masih Blank Spot Internet

Tak Jauh dari Ibukota, 150 Titik di Lebak Masih Blank Spot Internet

ADVERTISEMENT

Tak Jauh dari Ibukota, 150 Titik di Lebak Masih Blank Spot Internet

Fathul Rizkoh - detikInet
Jumat, 11 Nov 2022 19:47 WIB
Menara BTS dan Antena TV. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
150 titik di Kabupaten Lebak masih blank spot padahal tidak jauuh dari ibukota Jakarta (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Lebak -

Kabupaten Lebak tidak jauh dari Ibukota Jakarta, hanya 100-an kilometer saja. Namun di sana masih ada ratusan titik blank spot tanpa koneksi internet.

Sebanyak 150 titik di Kabupaten Lebak, Banten, belum terkoneksi jaringan internet atau blank spot. Titik paling banyak ada di Lebak Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Lebak, Doddy Irawan mengatakan, 150 titik blank spot itu sama sekali belum menerima koneksi internet. Warga masih bisa mendapat sinyal 2G walaupun tidak begitu kuat.

"Berdasarkan pemutakhiran data, saat ini ada 150-an titik lagi. Titik ini bukan desa, yah tersebar di Lebak," kata Doddy kepada awak media ditemui di kantornya, Jumat (11/11/2022).

Doddy menjelaskan, banyaknya titik blank spot disebabkan kondisi geografis di Lebak yang merupakan wilayah perbukitan. Selain itu, munculnya kampung baru akibat pertumbuhan penduduk juga menjadi faktor bertambahnya titik blank spot di Lebak.

"Awalnya 82 titik (blank spot) kemudian diintervensi bantuan dari Kementerian Kominfo akhirnya berkurang. Kemudian seiring pertumbuhan penduduk, muncul kampung baru dan lainnya ternyata bertambah sekitar 200-an lagi. Kemudian diatasi, berkurang 50-an titik, jadi sekarang 150-an lagi yang masih blank spot," tuturnya.

Titik blank spot paling banyak, lanjut Doddy, ada di Lebak Selatan meliputi Kecamatan Cibeber, Cilograng, Cigemblong, Cihara, Cirinten, dan Panggarangan. Wilayah Lebak Tengah, juga masih ada yang terdata blank spot seperti di Sobang dan Cimarga.

"Biasanya pedalaman di wilayah Selatan. Wilayah Tengah juga ada seperti di Sobang, Cimarga. Di Rangkasbitung jangan salah juga masih ada yang blank spot kaya di Pasir Tanjung," jelasnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kabupaten Lebak akan bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet dan pembangunan tower. Rencananya akan ada pembangunan 16 tower untuk mengatasi masalah blank spot, namun Doddy belum bisa merinci kapan pembangunannya akan berlangsung.

"(16 tower) rencananya di wilayah Selatan dan Tengah," pungkasnya.



Simak Video "China Mulai Bahas Pengembangan 5.5G"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT