Duet KKP-Telkom Lahirkan Metaverse Perikanan dan Kelautan

Duet KKP-Telkom Lahirkan Metaverse Perikanan dan Kelautan

ADVERTISEMENT

Duet KKP-Telkom Lahirkan Metaverse Perikanan dan Kelautan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 08 Nov 2022 17:50 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Telkom melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) berkolaborasi untuk menciptakan metaverse Blue Economy Network (BEN) Campus.
Foto: Telkom
Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Telkom melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) berkolaborasi untuk menciptakan metaverse Blue Economy Network (BEN) Campus. Apa itu metaverse BEN Campus dan kecanggihannya?

BEN Campus memungkinkan para talenta digital melakukan pembelajaran jarak jauh melalui metaverse dengan mengkolaborasikan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), sehingga pemerataan pembelajaran dan orientasi kelestarian alam dapat terwujud melalui tiga inovas,i yaitu Virtual Reality, Internet of Things (IoT), dan Virtual Campus.

Blue Economy Network (BEN) merupakan suatu jaringan kolaborasi antara berbagai entitas Penta-Helix, yaitu akademis, bisnis, komunitas, pemerintah, dan penyedia teknologi yang berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial tanpa harus merusak sumberdaya kelautan dan perikanan.

Adanya BEN ini diharapkan mampu mempermudah para entitas berdasarkan tugas, fungsi, dan kewenangan untuk membangun Blue Economy Indonesia.

SGM Telkom Corporate University & Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido mengungkapkan BEN Campus memanfaatkan berbagai terobosan inovasi Telkom-ITDRI, di mana dapat mengakselerasi digitalisasi sumber daya manusia dari seluruh entitas perikanan dan kelautan untuk mewujudkan aktivasi jaringan kolaborasi Penta-Helix.

"Dengan berbagai potensi besar yang dimiliki maritim dan bahari Indonesia, kehadiran BEN Campus ini menjadi wujud nyata komitmen Telkom-ITDRI dalam melakukan transformasi digital, khususnya di sektor perikanan yang dimulai dengan pemanfaatan inovasi dan pembelajaran digital untuk para taruna," ujar Jemy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11/2022).

BEN Campus diharapkan dapat membantu para pelajar penerus bangsa bidang kelautan dan perikanan siap untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan kebutuhan industri. Lebih lanjut, BEN turut meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku di sektor ekonomi biru meliputi terjaganya ekosistem laut, terciptanya lapangan kerja, meluasnya peluang investasi, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional.

Launching BEN Campus diselenggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Gedung ICC Cibinong Science Center pada Jumat secara online dan offline (28/10) lalu.

Event online diisi dengan talkshow untuk taruna taruni serta live streaming Metaverse BEN melalui Smarteye Virtual Convention Center. Sedangkan untuk event offline, Telkom-ITDRI mengisi booth pada acara Indonesia Research and Innovation (InaRi) Expo 2022 yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari tanggal 27 - 30 Oktober 2022 dengan menampilkan produk ITDRI, yaitu myDigiLearn, dan BEN.

Pengunjung yang hadir bisa merasakan dan mencoba secara langsung VR Tour, AR Streaming dan menyaksikan talkshow bersama expert dari kelautan, seminar, exhibition tentang BEN Campus, serta terdapat games menarik untuk para taruna yang hadir.

Sebelumnya, Telkom melalui ITDRI bersama KKP sudah melakukan penandatanganan kerjasama dan mewujudkan Smart Fisheries, kelanjutan kolaborasi keduanya ditandai dengan perilisan BEN Campus ini.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT