Lampu Jalan di Indonesia Bisa Dibikin Makin Pintar dan Aman

ADVERTISEMENT

Lampu Jalan di Indonesia Bisa Dibikin Makin Pintar dan Aman

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 25 Agu 2022 20:50 WIB
Smart City
Membuat Lampu Jalan di Indonesia Makin Pintar dan Aman. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai bagian dari ekosistem smart city alias kota pintar, Penerangan Jalan Umum (PJU) dapat menjadi cerdas, yang tak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tetapi juga mudah dipantau dari jarak jauh.

Dalam rangka mengakselerasi digitalisasi di Indonesia, Telkom menjalin kerja sama dengan Indonesian Luminaire Association (Alindo) untuk mengembangkan Smart PJU berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

PJU merupakan fasilitas yang dibutuhkan masyarakat agar mendapatkan rasa aman dan nyaman dalam beraktivitas, terutama di malam hari. Seiring perkembangannya, kehadiran Smart PJU menjadi penting untuk memonitor penggunaan dan penghematan energi, serta kemudahan memonitor kondisi PJU yang mati atau rusak agar dapat segera dilakukan perbaikan.

"Lewat produk Antares yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, Telkom sebagai BUMN memberikan konektivitas, platform IoT (Internet of Things), dan pengembangan sensor yang dibutuhkan Alindo dalam merealisasikan Smart PJU di Indonesia," ungkap Komang Budi Aryasa, Deputy EVP Digital Business Builder Telkom.

Alindo merupakan asosiasi badan usaha atau produsen yang bergerak di bidang produksi luminer. Dengan kolaborasi ini, Telkom dan Alindo akan melakukan berbagai tahapan dalam pengembangan Smart PJU berbasis LoRaWAN, uji coba di lab dan lapangan, sampai dengan komersial.

Sebagai informasi, LoRaWAN merupakan konektivitas wireless dan jarak yang jauh yang memberikan konektivitas efektif dan efisien dibanding lainnya. LoRaWAN tidak membutuhkan SIM card untuk dapat bekerja sehingga meminimalisir risiko kerusakan benda tersebut akibat paparan cuaca panas dan hujan di lingkungan outdoor.

Komang menuturkan, inisiatif ini juga merupakan bagian dari upaya pembangunan Smart City. Secara layanan Business to Business (B2B) untuk produk IoT kepada konsumen, Telkom tidak bisa mengerjakannya sendiri.

Telkom memerlukan mitra yang juga mempunyai kompetensi pada manufaktur tertentu, dalam hal ini dengan Alindo yang memang punya kompetensi sebagai penyedia lampu.

"Menurut saya kerja sama antara Telkom dengan Alindo adalah kerja sama yang strategis sebagai bentuk akselerasi implementasi Smart PJU yang masif di Indonesia," tambah Komang.



Simak Video "Qualcomm Akan Dijajaki untuk Smart City di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT