Siap-siap, Sinyal 3G Indosat Lenyap Selamanya Akhir 2022

ADVERTISEMENT

Siap-siap, Sinyal 3G Indosat Lenyap Selamanya Akhir 2022

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 10:02 WIB
Airport Terminal
Siap-siap, Sinyal 3G Indosat Lenyap Selamanya di Akhir 2022. Foto: Getty Images/Jackal Pan
Nusa Dua -

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) optimistis suntik mati sinyal 3G rampung di akhir tahun 2022. Bahkan saat ini progresnya hampir 100%.

"Jaringan 3G IM3 sudah 100% dimatikan, sisa Tri sekitar 80-85%," kata Muhammad Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer IOH saat peluncuran 5G di Bali.

Saat ini hanya tinggal secuil kawasan yang masih menyediakan jaringan 3G. Itu lantaran masih ada pengguna yang belum berganti kartu 4G.

"Setelah merger harus melakukan sejumlah konsolodasi karena ada 3G site yang masih belum di-shutdown karena banyak pelanggan yang belum migrasi SIM card ke 4G," ungkap Danny.

"Jadi kami akan terus sosialisasi agar akhir tahun ini," tandasnya.

Selain IOH, operator seluler di Tanah Air juga tengah melenyapkan sinyal 3G. Mereka mengajak pelanggannya untuk mengganti kartu SIM Card 3G menjadi 4G maupun 5G.

Seperti diketahui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meminta operator seluler untuk mematikan 3G sejak tahun lalu.

"Kita minta adalah saat menghapus 3G, di saat bersamaan kembangkan 4G-nya. Jangan sampai 3G dihapus, tapi 4G nggak siap, itu yang nggak boleh," ujar Menkominfo Johnny G Plate beberapa waktu lalu.

Masih adanya 3G menurutnya bakal menghambat proses digitalisasi. Sebab itu bisa dilakukan bila sudah menggunakan 4G.

"Paling tidak putusan operator untuk menghapus dan segera migrasikan 4G itu keputusan tepat karena ini sejalan dengan mendorong akselerasi transformasi digital," pungkas Johnny.



Simak Video "Bagaimana Hukumnya Bila Menyadap Hp Pasangan?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT