Biar Internet Merata, Telkom Bangun Gerbang Tol Digital Di Manado

ADVERTISEMENT

Biar Internet Merata, Telkom Bangun Gerbang Tol Digital Di Manado

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 17:40 WIB
Telkom melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) meresmikan Second Gateway Manado di Kantor Telkom Witel Sulawesi Utara (Sulut) – Maluku Utara (Malut), Manado, Sulawesi Utara.
Foto: Telkom
Manado -

Melalui anak perusahaannya, Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), Telkom meresmikan gerbang komunikasi internasional kedua (second gateway) di Manado, Sulawesi Utara.

Gateway Manado merupakan gerbang jalur komunikasi internasional kedua yang dimiliki Telkom. Kehadiran gerbang tol digital ini wujud nyata dari upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di seluruh Indonesia.

Telkom menyebutkan bahwa rute dari Manado menjadi jalur alternatif untuk distribusi trafik komunikasi internasional yang sebelumnya terkonsentrasi di Batam. Sebab, jika seluruh rute komunikasi dari dan menuju Indonesia terpusat di Batam, maka akan memunculkan potensi risiko layanan jika terjadi gangguan yang disebabkan oleh bencana alam atau aktifitas laut lainnya.

"Manado sebagai gerbang trafik komunikasi dari global connectivity di Indonesia akan menjadi jalur diversity dari Batam sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi area timur Indonesia," ujar Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono dalam siaran pers yang diterima detikINET.

"Melalui rute konektivitas di Manado, akan membuka peluang hadirnya bisnis digital seperti Data Center, munculnya startup, serta bisnis infrastruktur cable landing yang akan memberikan kontribusi pada pendapatan daerah setempat," sambungnya.

Keberadaan gerbang komunikasi internasional Manado ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia, terutama di Kawasan Timur Indonesia, serta untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

Pada 2017 Telkom Group sudah menginisiasi pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) SEA-US dan IGG, yang menghubungkan Indonesia menuju Amerika. Jalur ini melewati perairan Indonesia dan laut Pasifik sebagai jalur alternatif sekaligus pengamanan atas rute-rute kabel ke Amerika.

Hal ini dikarenakan rute tersebut yang umumnya melalui Selat Luzon dan Laut Cina Selatan di mana sering mengalami gangguan kabel putus akibat gempa bawah laut. Di tahun 2021, Telin juga bergabung dalam konsorsium Bifrost Cable System bersama Meta/Facebook dan Keppel untuk memperkuat posisi infrastruktur gerbang Manado.

Ke depannya, gerbang ini akan terhubung dengan sejumlah sistem komunikasi kabel laut internasional sehingga lalu lintas telekomunikasi yang melewati Manado nantinya akan sama seperti Batam.

Dengan hadirnya Manado sebagai gerbang komunikasi internasional kedua, diharapkan pada tahun 2025 akan tercapai pemerataan akses informasi di seluruh Indonesia di mana sebelumnya konektivitas yang masuk di perairan Indonesia hanya fokus di kawasan barat Indonesia. Di samping itu juga, kualitas layanan telekomunikasi dari dan menuju Indonesia kian handal.



Simak Video "Langkah-langkah yang Dilakukan Telkom Guna Mengembangkan Ekonomi Digital di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT