Passwordless Authentication Diklaim Lebih Aman dari Kode OTP

ADVERTISEMENT

Passwordless Authentication Diklaim Lebih Aman dari Kode OTP

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 21:46 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Foto: DW (News)
Jakarta -

Kode OTP atau One Time Password banyak dimanfaatkan sebagai benteng pertahanan akun. Namun rupanya ada solusi keamanan yang diklaim lebih canggih dan kuat daripada OTP.

Sebab, kode OTP yang dikatakan ampuh mengamankan data informasi atau sebuah akun, ternyata masih bisa dibobol hacker alias peretes.

"OTP yang paling tinggi, kurang pas juga, buktinya banyak kasus jebol akun itu karena kode OTP, seperti hacker yang berpura-pura menjadi bagian dari perusahaan yang kemudian meminta kode OTP kepada pelanggan," ungkap Iswandi selaku VP Core Network Engineering & Deployment Telkomsel, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut, Iswandi mengungkapkan bila secara tingkatan keamanan yang paling tangguh, OTP ini berada di bawah Mobile Network Verification (MNV) atau passwordless authentication, yakni otentifikasi tanpa kata sandi.

"Passwordless authentication ini lebih tinggi sebenarnya, bahkan dampaknya itu menuju zero sebenarnya," kata Iswandi.

Telkomsel sendiri baru sajal merilis Mobile Network Verification (MNV) yang merupakan bagian dari Authentication Protection (TAP) untuk segmen korporasi. Disampaikan Iswandi, TAP-MNV ini lebih mudah dalam proses otentikasinya dibandingkan OTP.

Sebagai informasi, cara kerja TAP-MNV ini otentifikasi menggunakan URL yang diverifikasi melalui nomor telepon dengan memanfaatkan jaringan operator sleuler secara real time. Sistem yang melakukan validasi tersebut hanya diketahui oleh device atau merchant dan TAP-MNV.

Secara pengalaman pelanggan, kode OTP ini lebih banyak tindakan, yang membuat banyak proses dalam melakukan otentikasinya.

"Kita baca SMS, lalu mesti ingat kodenya, kalau lupa balik lagi. Itu secara experience, tidak enak. Sementara, solusi yang kita tawarkan ini melalui MSISDN (nomor telepon) sehingga pelanggan dimudahkan," ungkap Iswandi.

Adapun, TAP-MNV ini merupakan bentuk otentikasi implisit oleh jaringan operator dan menghapus sistem verifikasi dua langkah yang selama ini masih berisiko diretas dan cukup menyita waktu.



Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT