Indonesia Jajaki Kerja Sama Penyiaran dengan Malaysia

ADVERTISEMENT

Laporan dari Singapura

Indonesia Jajaki Kerja Sama Penyiaran dengan Malaysia

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 01 Jun 2022 08:29 WIB
Menkominfo di ATxSG 2022
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Saat menghadiri ajang Asia Tech x Singapore (ATxSG) 2022, Menkominfo Johnny G Plate sempat menemui sejumlah menteri dari negara lain, termasuk Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Tan Sri Annuar Musa.

Dalam pertemuan singkat itu, Johnny menyebut Pemerintah Malaysia mengajak Pemerintah Indonesia untuk bekerja sama di sektor penyiaran untuk membuka ruang kerja sama bisnis yang lebih luas.

Bentuk kerja sama itu adalah dengan konten penyiaran Indonesia bisa disiarkan di Malaysia, dan juga sebaliknya.

"Saya bertemu dengan menteri digital dan multimedia malaysia Tan Sri Annuar Musa, Malaysia mengharapkan agar di sektor broadcasting atau penyiaran indonesia dan Malaysia membuka ruang kerja sama bisnis yang lebih luas," jelas Johnny saat ditemui selepas berbicara dalam acara yang digelar di Hotel Ritz Carlton Millenia, Singapura, Selasa (31/5/2022).

"Kerja sama dengan lembaga penyiaran Malaysia di sektor privat dengan swasta serta publik seperti TVRI bisa saling bekerja sama khususnya di bidang konten dan penyiaran," tambahnya.

Menurut Johnny, ia akan menindaklanjuti permintaan itu dengan berbicara dengan sejumlah lembaga di Indonesia, seperti Lembaga Penyiaran Publik (LPP) dan juga Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

"(Untuk) bagaimana kita bisa menindaklanjuti usulan Malaysia untuk kerja sama di sektor broadcasting lebih erat dan lebih luas. khususnya di sektor lembaga penyiaran swasta," jelasnya.

Selain bertemu Menteri Komunikasi Malaysia, Johnny pun bertemu dengan State Secretary at the Federal Ministry for Digital and Transport Jerman Stefan Schnorr. Dalam pertemuan tersebut dibahas dukungan Jerman, khususnya Kementerian Luar Negerinya terhadap Indonesia dalam penyelenggaraan G20, terutama dalam digital economic working group.

"Mereka memberikan dukungan sangat kuat dan mereka akan membangun kerja sama dan memperluas kerja sama di sektor digital antara Jerman dan Indonesia. Saya tentu menyambut baik hal itu, agar hubungan baik pemerintah dengan pemerintah maupun pemerintah dengan dunia bisnis dan di antara dunia bisnis itu terus kita bangun bersama-sama," ujar Johnny.



Simak Video "Jawaban Menkominfo soal Ganti Nomor Indonesia ke Provider AS"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT