Perkenalkan Ini Srikandi Penjaga Siber Indonesia

Perkenalkan Ini Srikandi Penjaga Siber Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 07:45 WIB
Sri Safitri yang menjabat EVP Customer Experience & Digitization Telkom, baru saja mendapatkan penghargaan Women in Cyber Security Leader 2022.
Sri Safitri, EVP Customer Experience & Digitization Telkom. Foto: Telkom
Jakarta -

Dunia cyber security tidak hanya digeluti oleh para lelaki saja, kaum hawa juga menguasai bidang tersebut. Bahkan, ada srikandi kita yang piawai menjaga siber Indonesia.

Ia adalah Sri Safitri yang menjabat EVP Customer Experience & Digitization Telkom. Sri baru saja mendapatkan penghargaan Women in Cyber Security Leader 2022.

Penghargaan tersebut diberikan dua lembaga prestisius, yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Indonesia Women in Cyber Security (IWCS) di IWCS Annual Summit 2022 "Woman In Digital Transformation".

Menurut Eva Noor selaku Founder IWCS dan juga CeO Xynexis, penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap kiprah perempuan dan juga memberi inspirasi dan role model untuk generasi muda untuk berkarir dalam bidang Cyber Security, serta ikut menjadi bagian dari Transformasi Digital Nasional.

"Jika perempuan mampu memberdayakan perempuan lain dalam Cyber Security, maka perempuan juga bisa empower anak-anaknya serta akhirnya memberdayakan bangsa. Sebab, ibu itu tiang negara," ujar Sri Safitri yang juga Ketua Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) ini.

BSSN dan IWCS sendiri memberikan penghargaan atas jasa Sri sebagai Councillor Indonesia untuk ASEAN CIO Association (ACIOA) sekaligus menjadi Co-Founder Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) yang secara konsisten membangun kesadaran dan kepedulian akan pentingnya cyber security bagi perusahaan dan pengguna internet di Indonesia melalui training, seminar, coaching dan mentorship.

Peraih CX Leader of the Year 2021 ini mengatakan, penghargaan akan diproyeksikannya mendorong lebih banyak lagi perempuan Indonesia turut serta membangun sisterhood untuk saling melindungi, saling peduli, dan saling bela perempuan lainnya yang menghadapi ancaman siber.

Selain Sri, peraih lainnya untuk kategori Women in Cyber Security Leader 2022 adalah Sylvia W Sumarlin, Intan Rahayu, dan Farah F Rahmayanti.

Kemudian Femmy Eka Putri Kartika, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Lenny N Rosalin Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) juga turut mendapat penghargaan Indonesia Women in Cyber Security Role Model 2022.

Selain itu, Elyzabeth Damayanti OVP Cybersecurity Telkom juga menerima Penghargaan Women in cyber security White Hat 2022 bersama perempuan penggiat cyber security lainnya.

[Gambas:Youtube]



(agt/afr)