XL Axiata Raup Rp 26,8 Triliun dan Tebar Dividen Rp 522 Miliar

XL Axiata Raup Rp 26,8 Triliun dan Tebar Dividen Rp 522 Miliar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 22 Apr 2022 16:50 WIB
RUPS Tahunan XL Axiata
Foto: XL Axiata
Jakarta -

Digempur pandemi COVID-19, XL Axiata masih mampu membukukan kinerja oke selama tahun 2021. Operator seluler ini mampu pendapatan Rp26,8 triliun sepanjang tahun kemarin.

"Di tengah situasi pandemi yang terus berlanjut, XL Axiata berhasil meraup pendapatan terus meningkat dan tumbuh 3% dibanding periode yang sama di tahun 2020 menjadi Rp 26,8 triliun," ujar Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika secara online, Jumat (22/4/2022).

Hal ini dibarengi dengan pertumbuhan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) yang mencatatkan angka tertinggi dalam sejarang XL Axiata, yakni Rp13,3 triliun.

"Laba bersih juga meningkat sebesar 63% dibanding dengan tahun 2020, sehingga laba bersih dinormalisasi menjadi Rp1,1 triliun. Demikian juga, Return on Invested Capital (ROIC) meningkat 5% di tahun 2021," ucapnya.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan disetujui pembagian dividen untuk pemegang saham sebesar Rp 522 miliar atau 50% dari keuntungan yang telah disesuaikan.

Disampaikan Dian, sisa dari keuntungan lainnya akan digunakan perusahaan sebagai alokasi cadangan umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya dicatat dalam saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha.

Budi mengungkapkan keberhasilan XL Axiata yang bikin keuangan yang solid, karena didorong oleh keberhasilan menjalankan tiga pilar strategis perusahaan.

Tiga pilar yang dimaksud, yaitu percepatan digital proposition untuk meningkatkan customer engagement, yang terlihat pada jumlah pengguna aktif bulanan dari aplikasi MyXL tumbuh sebenyak 67%.

Pilar kedua adalah fokus kepada customer experience sebagai layanan pembeda. Strategi dual brand, XL dan Axis mampu bersaing dengan kompetitor.

Dan, pilar ketiga, yakni meluncurkan convergence proposition dengan layanan full digital. XL Axiata menghadirkan XL Satu untuk memberikan kemudahan pengalaman digital kepada masyarakat.

"Ketiga pilar ini berhasil membantu performa kami cukup solid di tahun 2021," pungkasnya.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)