Layanan Telepon Ditinggalkan, Akses Internet Meroket Saat Ramadan

Layanan Telepon Ditinggalkan, Akses Internet Meroket Saat Ramadan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 31 Mar 2022 21:38 WIB
Ilustrasi smartphone
Akses internet makin meroket saat Ramadan dan Lebaran (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Seiring dengan diperbolehkannya mudik Lebaran 2022, trafik layanan data akan semakin meroket. Lokasi tujuan mudik hingga tempat wisata diprediksikan jadi primadona yang dilakukan optimasi jaringan.

Dalam momen Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) 2022 ini, Telkomsel memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi jika dibandingkan hari normal di 2022 maupun Rafi tahun sebelumnya.

Trafik layanan data/broadband diprediksikan akan tumbuh 9,4%, begitu juga dengan SMS yang tumbuh sekitar 4,1%. Sedangkan, trafik panggilan suara justru menurun sebesar 9,3%.

"Trafik voice sendiri dari tahun ke tahun mengalami penurunan, mungkin ada perubahan yang menggunakan payload data. Prediksi kami trafik voice itu mengalami penurunan dari hari normal sebesar 9,3%, sedangkan dibandingkan Rafi tahun lalu itu sangat besar 20,1% penurunannya," ujar Vice President Network Assistance, Security, & Operations Center Telkomsel, Rahmat Novalianto secara virtual, Kamis (31/3/2022).

Berbanding terbalik, masyarakat Indonesia akan semakin rajin mengakses internet untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Telkomsel memprediksikan trafik layanan data dan SMS naik pada Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) 2022, tetapi layanan panggilan suara menurun.Telkomsel memprediksikan trafik layanan data dan SMS naik pada Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) 2022, tetapi layanan panggilan suara menurun. Foto: Screenshot

Telkomsel memperkirakan selama Rafi 2022, akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,5%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3%, layanan streaming video meningkat sekira 15,3%, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9%, akses browsing naik 17,8%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4%.

Mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, Telkomsel telah melakukan optimasi jaringan yang difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Telkomsel sendiri mulai Maret ini mulai melakukan proses upgrade layanan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten yang ditargetkan rampung akhir tahun 2022.

"Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone," ucap Direktur Network Telkomsel Nugroho.



Simak Video "Telkomsel Matikan Layanan 3G Mulai Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)