Butuh 1 Tahun Matikan Layanan 3G, Masyarakat Sudah Siap?

Butuh 1 Tahun Matikan Layanan 3G, Masyarakat Sudah Siap?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 25 Jan 2022 19:09 WIB
Presiden XL Axiata Dian Siswarini
Butuh Satu Tahun Proses Layanan 3G Dimatikan, Masyarakat Sudah Siap?. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

XL Axiata mengungkapkan proses transisi peralihan pelanggan dari layanan 3G ke 4G akan berlangsung dalam satu tahun. Apakah masyarakat sudah siap beralih dari 3G ke 4G?

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan bahwa perusahaan akan terbebani dengan menjalankan beragam teknologi seluler secara bersamaan.

"Memang teknologi berkembang sangat cepat. Ada 2G, 3G, 4G, dan 5G. Kalau kita sebagai operator seluler harus mengoperasikan keempat teknologi tersebut, tentu itu akan memberikan tambahan beban operasional dan juga investasi perusahaan," ujar Dian di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Dian menuturkan teknologi mana yang akan diberhentikan XL Axiata itu sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat, di mana saat ini kebutuhan layanan data alias yang mengakses internet kian meningkat.

"Bukan saja dari sisi ketersediaan, tapi dari sisi kecepatan dan kestabilan memang bisa dilayani lebih baik oleh 4G dibandingkan 3G," ucapnya.

Kendati begitu, operator seluler yang identik warna biru itu tidak akan langsung mematikan layanan 3G di suatu wilayah dengan semena-mena.

Disampaikan Dian, XL Axiata akan menghapus kehadiran sinyal 3G di jaringannya dengan memperhatikan ketersediaan ponsel 4G dan kesiapan masyarakat untuk beralih ke jaringan seluler generasi keempat ini.

"Untuk menghapus layanan 3G ini, kami harus memperhitungkan kesiapan masyarakat, barangkali ada di beberapa daerah belum yang punya perangkat 4G," kata perempuan berkacamata ini.

"Maka dari itu, kami melakukannya secara bertahap untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki 4G handset untuk bisa menikmati 4G tanpa harus akses 3G. Jadi, kira-kira presisi berlangsung barangkali dalam satu tahun ini," pungkas Dian.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan kajian mendalam untuk mematikan layanan 3G. Dengan dimatikan layanan tersebut, pita frekuensinya dapat dialokasikan untuk pengembangan layanan 4G yang saat ini masih jadi pekerjaan rumah pemerintah dan operator seluler.



Simak Video "Indosat Ooredoo Hutchison Bersiap Cabut Jaringan 3G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)