Smartfren-Tri Pastikan Internet Nggak Lemot Saat Nataru

Smartfren-Tri Pastikan Internet Nggak Lemot Saat Nataru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 23 Des 2021 14:11 WIB
Ilustrasi smartphone
Smartfren-Tri Pastikan Internet Gak Akan Lemot Saat Nataru. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) dan Smartfren meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan internet menghadapi lonjakan trafik data pada Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Tri Indonesia

Tri telah meningkatkan kualitas jaringannya di ratusan titik Point of Interest (POI) di kawasan permukiman dan berbagai lokasi yang diperkirakan akan menjadi titik keramaian.

Selain itu, pengerahan armada mobile Cells on Wheels (CoW) tambahan juga disediakan untuk menjaga kestabilan layanan, terutama di area penting, seperti jalan tol di Bandung, Purwokerto, Pemalang, Banguntapan, Kartasura, jalur Surabaya-Gempol, jalur tol Sumput-Gresik, dan Jembatan Suramadu.

"Jelang Nataru, tim kami akan terus memastikan layanan komunikasi berjalan lancar untuk seluruh pelanggan, termasuk pelanggan kami di sektor bisnis," ujar Chief Technical Officer Tri Indonesia, Demond Cheung, dalam keterangannya Kamis (23/12/2021).

Semua site Tri dilengkapi dengan baterai dan generator cadangan yang membantu menjaga ketersediaan jaringan, jika terjadi pemadaman listrik. Modernisasi tiga data center menjadi Tier-3 pun telah dilakukan.

"Selama momen akhir tahun, pelanggan Tri juga dapat menikmati digital entertainment, seperti menonton video streaming dan bermain mobile games dengan latensi yang rendah bersama dengan anggota keluarga dan teman-teman mereka, meskipun mereka mungkin terpisah jarak satu sama lain," kata Desmond.

Smartfren

Begitu juga dengan Smartfren, peningkatan kapasitas dan optimasi jaringan menjadi keniscayaan dalam menghadapi lonjakan trafik pada momen Nataru.

Smartfren memperkirakan layanan trafik internet saat Natal secara nasional naik 5-8% dibandingkan hari biasa. Jabodetabek jadi area yang naik 10%.

Sedangkan, pada saat tahun baru, kenaikan trafik internet mencapai 10-15% dibandingkan hari biasa. Dan, area Jabodetabek melonjak 15% dibandingkan hari biasa.

"Peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online," ucap VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik internet, Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan hingga 15% secara nasional. Sejumlah wilayah yang diprediksi naik, seperti Jabodetabek dan Jawa Tengah juga ditingkatkan kapasitas jaringan hingga lebih 20% dari hari biasa.

Anak perusahaan Sinar Mas Grup ini juga menggunakan teknologi mutakhir, yaitu multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM untuk memberikan koneksi internet terbaik.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)