WSBK Mandalika, Internet Adu Kencang dengan Balap Motornya - Halaman 2

Round Up

WSBK Mandalika, Internet Adu Kencang dengan Balap Motornya

Tim - detikInet
Sabtu, 20 Nov 2021 11:05 WIB
Road Sircuit Mandalika, Lombok, NTB
WSBK Mandalika, Internet Adu Kencang dengan Balap Motornya. Foto: Kemenparekraf

XL Axiata

XL Axiata juga mengungkapkan telah melakukan penguatan jaringan di Mandalika, khususnya di sekitar Sirkuit Mandalika. Ada 9 BTS 4G disiapkan XL Axiata di arena balapan dan sekelilingnya.

Selain keberadaan Sirkuit Mandalika, daerah ini juga menjadi salah satu yang masuk ke dalam lima destinasi super prioritas yang dikembangkan oleh pemerintah. Selain Mandalika, ada Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, dan Likupang.

Karenanya, XL Axiata menyelimuti 54 kecamatan di seluruh wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan jaringan 4G. Operator seluler yang identik warna biru ini juga mengerahkan satu unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data pada saat adu balap motor dunia itu berlangsung. Ajang sekelas MotoGP pun akan digelar di Sirkuit Mandalika pada tahun depannya.

"Sirkuit Mandalika dan dua event balap dunia ini telah lama ditunggu oleh publik Indonesia. Pemerintah pun memberikan perhatian yang sangat besar. Hajatan ini sekaligus juga dijadikan momentum untuk pemulihan dunia wisata di Lombok dan Indonesia," ujar Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam siaran persnya, Minggu (14/11).

Gede menambahkan, potensi lonjakan trafik di area Mandalika sangat mungkin bisa terjadi saat kedua event balap dunia, WSBK dan MotoGP, berlangsung. Meskipun mungkin penonton di dalam sirkuit masih dibatasi, namun kemungkinan besar masyarakat lokal maupun dari luar Lombok akan tetap berdatangan ke Mandalika.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata menjanjikan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Telkom

Telkom memastikan kualitas layanan internet tetap baik selama berlangsungnya World Superbike (WSBK), di Mandalika, Lombok. Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko melakukan peninjauan ke beberapa lokasi infrastruktur milik Telkom pada 18-19 November 2021.

Adapun lokasi yang dikunjungi di antaranya Sentral Telepon Otomat (STO) Mataram, Posko Mataram, STO Gerung serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya. Selain itu, peninjauan juga dilakukan di posko National Operation Center Mandalika, yang menjadi area perlombaan WSBK.

"Nama baik Indonesia yang dipertaruhkan termasuk Telkom sebagai ICT partner dalam helatan akbar ini. Telkom harus memastikan bahwa dukungan ICT dari Telkom akan menyukseskan event WSBK. Tetap semangat untuk seluruh karyawan yang bertugas dan berikan kontribusi terbaik kita bagi Indonesia," ujar Abdi dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11/2021).

Sementara itu, Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko mengatakan saat ini kesiapan infrastruktur layanan dan posko TelkomGroup untuk event WSBK telah mencapai 100%.

"Ada lima hal menjadi perhatian Telkom dalam menyukseskan event WSBK ini. Pertama, disiplin operasi dari seluruh personil yang bertugas, baik dari segi waktu jadwal dan pelaporan. Kedua, responsif terhadap segala anomali dan dinamika yang terjadi selama berlangsungnya acara agar dapat diantisipasi serta dimitigasi lebih awal," ujarnya.

"Ketiga, kolaborasi yang intensif dengan semua unit dan pihak yang mendukung layanan telekomunikasi di Mandalika. Selanjutnya briefing rutin sebagai langkah untuk monitoring dan menyamakan langkah koordinasi. Terakhir, patroli yang dilakukan di sepanjang jalur backbone dan akses demi menjaga infrastruktur telekomunikasi. Mari bersama kita sukseskan event WSBK ini dan harumkan nama Indonesia di mata dunia," imbuh dia.

Untuk penyelenggaraan WSBK, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukung hingga penambahan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps.

Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accommodation, Security, International Airport, dan Venue) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP). Khusus di Mandalika International Street Circuit, layanan telekomunikasi disediakan di berbagai area seperti paddock, pit building, medical center, race control, TV compound, dan tribun.

TelkomGroup juga membentuk posko pengawalan di lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional. Selain itu, Telkom juga mendukung digitalisasi bagi UMKM serta ekosistem yang berada di sekitar kawasan melalui penyediaan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps. Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.



Simak Video "Hari Kedua WSBK, Kapolda NTB Ungkap Dua Fokus Pengamanan TNI-Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)