Merger Indosat Ooredoo Hutchison Direstui, Gaspol Kualitas Layanan!

Merger Indosat Ooredoo Hutchison Direstui, Gaspol Kualitas Layanan!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 08 Nov 2021 18:44 WIB
indosat ooredoo hutchinson 3 indonesia
Merger Indosat Ooredoo Hutchison Direstui, Kominfo: Tingkatkan Kualitas Layanan. Foto: detikcom
Jakarta -

Merger Indosat Ooredoo dan Hurchison 3 Indonesia (Tri) telah direstui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Indosat Ooredoo Hutchison pun diberi syarat dan ketentuan.

Indosat Ooredoo Hutchsion adalah perusahaan atau operator seluler gabungan hasil merger Indosat dan Tri.

"Indosat Ooredoo Hutchison wajib melakukan penambahan jumlah site baru hingga tahun 2025 dengan jumlah paling sedikit sesuai dengan yang disampaikan pada proposalnya," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI), Kementerian Kominfo, Ismail, Senin (8/11/2021).

Indosat Ooredoo Hutchison juga wajib memperluas cakupan wilayah yang terlayani oleh layanan seluler hingga tahun 2025 dengan jumlah desa/kelurahan baru yang terlayani paling sedikit sesuai dengan yang disampaikan pada proposalnya.

"Indosat Ooredoo Hutchison meningkatkan kualitas layanan sampai dengan tahun 2025 dengan batas minimal throughput sesuai dengan proposal yang disampaikan," ucap Ismail melanjutkan.

Mengenai nasib frekuensi merge Indosat dan Tri ini, Kominfo mengungkapkan bahwa mereka hanya mengembalikan sebagian pita frekuensi radio kepada Negara sebesar 5 MHz FDD (2x5 MHz = 10 MHz) di pita frekuensi radio 2,1 GHz.

"Namun, Indosat Ooredoo Hutchiaon diberikan masa waktu transisi paling lama 1 (satu) tahun untuk tetap dapat menggunakan pita frekuensi sebesar 5 MHz FDD (2x5 MHz = 10 MHz) di pita frekuensi radio 2,1 GHz tersebut terhitung sejak tanggal Izin Pita Frekuensi Radio hasil penggabungan ditetapkan," kata Ismail.

Seperti diketahui, induk perusahaan kedua perusahaan, yaitu Ooredoo dan CK Hutchison sepakat untuk menggabungkan anak perusahaan mereka di Indonesia.

Kedua induk perusahaan mulai penjajakan sejak akhir 2020. Sempat tertunda beberapa kali penggabungan kedua operator seluler, namun akhirnya merger Indosat dan Tri disepakati pada Kamis (17/9) dan melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison.

Ini merupakan konsolidasi pertama kali dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, yang mana terakhir terjadi saat XL Axiata mengakuisisi Axis pada tahun 2014.



Simak Video "Tok! Kominfo Setujui Merger Indosat dan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)