Di PON Papua, 5G Siap Manjakan Atlet hingga Masyarakat

Di PON Papua, 5G Siap Manjakan Atlet hingga Masyarakat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 30 Sep 2021 10:14 WIB
Kesiapan Telkomsel mengamankan jaringan telekomunikasi di PON Papua XX 2021, salah satunya menyediakan layanan 5G di lokasi.
Di PON Papua, 5G Siap Manjakan Atlet hingga Masyarakat. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Ajang PON Papua XX 2021 tak hanya soal kompetisi di bidang olahraga, tapi juga unjuk gigi kemampuan layanan 5G yang belum lama ini menyapa Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan saat ini, Telkomsel tengah mempersiapkan layanan 5G dapat hadir di lokasi digelarnya PON edisi kali ini.

"Saat ini, Telkomsel telah menerapkan jaringan teknologi 5G menggunakan frekuensi 2,3 GHz agar dapat dinikmati oleh seluruh kontingen, atlet, penonton, media peliput, dan masyarakat di sekitar venue PON Papua," ujar Johnny, Rabu (29/9/2021).

"Kementerian Kominfo yakin melalui showcasing teknologi 5G di ajang PON XX dapat tumbuh kepercayaan diri bagi operator seluler untuk terus mengoptimalkan adopsi teknologi 5G di semua lini," sambungnya.

Selain itu, PON Papua yang dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021, pemerintah seperti disampaikan Menkominfo, mengajak operator seluler untuk menghadirkan jaringan broadband dan layanan digital optimal.

Terlebih saat ini, penataan ulang atau refarming pita frekuensi 2,3 GHz sudah dilakukan, sehingga diharapkan momentum PON Papua, serta keberhasilan refarming dapat mendorong para operator untuk menjadi akselerator ekonomi digital, serta mewujudkan Indonesia yang semakin digital.

Selama perhelatan PON Papua, Telkomsel akan menghadirkan 'Telkomsel 5G Experience Center' yang berlokasi di Stadion Lucas Enembe kepada para pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk mendapatkan pengalaman dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

Pada kesempatan tersebut, Telkomsel menghadirkan berbagai pengalaman terbaik kepada pengunjung, di antaranya menyaksikan secara virtual keseruan pada saat opening dan closing ceremony di dalam Stadion Lucas Enembe dengan menggunakan teknologi 360 virtual reality (VR), serta menikmati konten edukatif terkait VR experience tentang keindahan akan budaya dan alam Papua.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)