Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka - Halaman 2

Terpopuler Sepekan

Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Sep 2021 08:45 WIB
Logo Telkom
Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka (Foto: Ari Saputra/detikcom)

2. Apa itu kabel bawah laut Jasuka?

Mendengar penjelasan resmi Telkom, konsumen pun bertanya-tanya, apa itu kabel bawah laut Jasuka? Jasuka merupakan singkatan dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Submarine Cable Map, Telkom membangun jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jasuka sepanjang 10.860 kilometer.

Jaringan fiber optik tersebut menghubungi sejumlah kota di Jasuka, mulai dari Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantu Prapat, Sibolga, Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi yang ada di Malaysia.

SKKL Jasuka ini mulai digelar Telkom sejak tahun 2006. Menurut Telkom, Jasuka merupakan salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Adapun, jalur kabel laut ini terdiri dari empat kanal 40G dengan kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Jasuka pun jadi pengetahuan baru masyarakat. Bahkan sempat beredar beberapa hoax terkait kabel bawah laut Jasuka, antara lain video hoax 'kiamat internet' 6 hari karena perbaikan kabel bawah laut Jasuka.

Ada lagi video viral TikTok yang menyebutkan kabel Jasuka digigit hiu. Namun ternyata, itu adalah kejadian tahun 2014 dimana hiu menggigit kabel fiber optik milik Google, bukan kejadian di Indonesia.

Halaman selanjutnya: Perbaikan Jasuka butuh waktu sebulan dan ganti rugi Telkom...



Simak Video "IndiHome Dilaporkan Lemot Lagi, Apa Penyebabnya Kali Ini?"
[Gambas:Video 20detik]