Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka

Terpopuler Sepekan

Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Sep 2021 08:45 WIB
Logo Telkom
Janji Ganti Rugi Telkom untuk Pelanggan, Gegara Kabel Jasuka (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Minggu ini banyak konsumen IndiHome dan Telkomsel mengeluhkan layanan akibat gangguan kabel bawah laut Jasuka. Buntutnya ada ganti rugi dari Telkom.

Rentetan kejadian akibat kabel Jasuka ini menjadi perhatian masyarakat sepanjang minggu. Inilah runutan kejadiannya dihimpun detikINET, Sabtu (25/9/2021).

1. Netizen teriak IndiHome-Telkomsel down

Kehebohan diawali pada Minggu, 19 September 2021. Netizen ramai-ramai mengeluhkan koneksi IndiHome dan Telkomsel down. Alhasil, topik "IndiHome" dan "Telkomsel" jadi trending topic di lini masa media sosial Twitter.

Berdasarkan pantauan detikINET di lini masa, netizen mengaku kesulitan untuk berselancar di internet, bahkan di antara mereka sampai tidak bisa mengakses layanan sama sekali.

Indihome melalu story Instagramnya mengakui sedang ada gangguan jaringan. Mereka pun melakukan perbaikan. Namun tampaknya kali ini masalahnya cukup serius: kabel bawah laut terganggu.

Telkom menjelaskan bahwa permasalahan yang terjadi pada layanan IndiHome ini karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut (SKKL) di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) ruas Batam - Pontianak.

Gangguan tersebut terjadi pada Minggu mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan Telkom Group, baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini," ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza kepada detikINET.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab gangguan yang terjadi pada kabel laut Jasuka tersebut. Telkom menyebutkan saat ini gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Halaman selanjutnya: Apa itu Jasuka dan ganti rugi Telkom...



Simak Video "IndiHome Dilaporkan Lemot Lagi, Apa Penyebabnya Kali Ini?"
[Gambas:Video 20detik]