Kabel Laut Sedalam 4 KM Dipasang Demi PON XX 2021 Papua

Kabel Laut Sedalam 4 KM Dipasang Demi PON XX 2021 Papua

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 23 Sep 2021 14:44 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate meninjau kesiapan jaringan telekomunikasi di PON XX 2021 Papua.
Kabel Laut Sedalam 4 KM Digelar Demi PON XX 2021 Papua (Foto: Dok. Kominfo)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen menyukseskan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Salah satu persiapannya, dengan membangun rute baru fiber optik kabel laut.

Kabel laut tersebut berada di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Kota Jayapura, Papua. Jaringan tersebut untuk menyediakan layanan telekomunikasi 4G berkualitas saat penggelaran PON XX 2021 berlangsung.

"Kita akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan ketersediaan yang layanan telekomunikasi pada kedua ajang olahraga," ujar Menkominfo Johnny G. Plate dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2021).

Kominfo juga berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga jaringan telekomunikasi berkualitas selama berlangsungnya kompetisi. Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaringan telekomunikasi seluler 4G dapat digunakan secara optimal selama PON XX 2021 Papua berlangsung.

"Dijaga kualitasnya untuk mendukung telekomunikasi pada saat sebelum, selama, dan sesudah ajang olahraga di Papua sudah siapkan betul betul," tegas Menkominfo.

Sebagai cadangan telekomunikasi, Johnny menjelaskan pihaknya juga menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui sambungan satelit yang dijadikan alternatif.

Menkominfo Johnny G. Plate meninjau kesiapan jaringan telekomunikasi di PON XX 2021 Papua.Menkominfo Johnny G Plate meninjau kesiapan jaringan telekomunikasi di PON XX 2021 Papua. Foto: Dok. Kominfo

Diperkirakan lalu lintas telekomunikasi saat PON diperkirakan melonjak. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan cadangan telekomunikasi terutama di lokasi penyelenggara pertandingan, penginapan atlet dan lokasi penyelenggara kegiatan.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo, Anang Latif mengatakan, Telkom Group menjadi mitra resmi PON XX 2021 Papua sebagai penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Disampaikannya, Telkom memiliki infrastruktur terluas di Papua dari tiga penyelenggara seluler yang ada di wilayah tersebut.

Guna mendukung akses telekomunikasi yang berkualitas, Bakti menggunakan infrastruktur jaringan tulang punggung (backbone)telekomunikasi Palapa Ring Timur untuk cadangan jaringan yang sudah dimiliki Telkom Group. Kominfo pun melakukan pengukuran sinyal di tempat penyelenggaraan PON XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Cadangan jaringan dari Bakti ini akan digunakan untuk berbagai skenario, seperti kelebihan lalu lintas (traffic) komunikasi dan jaringan putus," ungkap Dirut Anang.

Memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi memadai saat PON XX 2021 Papua, Menkominfo Johnny G. Plate bertolak ke Jayapura pada hari ini. Ia akan membahas topik tersebut dengan Gubernur Papua yang juga menjabat sebagai Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Lukas Enembe, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah serta Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Dalam pertemuan itu, Johnny akan membahas langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk memastikan jaringan telekomunikasi berkualitas selama penyelenggaraan PON XX Papua dari mulai 22 September hingga 15 Oktober 2021.



Simak Video "Menkominfo Pastikan Data Pengguna QR Code di PeduliLindungi Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)