Genjot Wisatawan di Bali, Telkom Optimalkan Teknologi Digital PaDi

Genjot Wisatawan di Bali, Telkom Optimalkan Teknologi Digital PaDi

Jihaan Khoirunnissa - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 12:34 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Telkom
Jakarta -

Menteri BUMN RI Erick Thohir meninjau implementasi aplikasi PeduliLindungi di Denpasar, Bali pada Senin (20/9). Adapun kunjungan ini dalam rangka mempersiapkan Bali untuk menghadapi era normal baru khususnya di sektor pariwisata serta mengakselerasi pemulihan ekonomi di wilayah Bali dan sekitarnya.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan kedatangan Erick tidak hanya meninjau implementasi PeduliLindungi, melainkan untuk berinteraksi dengan pelaku UMKM di Denpasar. Ia menyebut Erick mengapresiasi semangat para pelaku UMKM yang tetap menjalankan bisnisnya di tengah pandemi.

Salah satunya dengan mengoptimalkan teknologi digital, seperti menggunakan PaDi UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dan dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero). Pujo menjelaskan pihaknya akan terus mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

"Semoga dengan semangat gotong royong, bersama kita dapat semakin kuat dan mampu menghadapi pandemi ini dengan baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Pujo menilai aplikasi PeduliLindungi menjadi solusi guna mendorong roda perekonomian nasional agar tetap bisa berjalan di masa pandemi, tentunya dengan tetap mengutamakan pengendalian COVID-19 di Tanah Air.

"Diharapkan dengan semakin masifnya implementasi PeduliLindungi dan peningkatan jumlah masyarakat yang sudah vaksin, Bali dapat kembali bangkit dan menyambut kedatangan wisatawan seperti sedia kala," katanya.

Meski demikian Pujo tetap mengimbau agar masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan mematuhi kebijakan pemerintah, terutama di saat harus bepergian ke luar rumah. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali/Bali Tourism Board, I.B. Agung Partha Adnyana.

"PeduliLindungi adalah game changer untuk pariwisata Bali selain vaksin, karena dapat memberikan image yang aman dan nyaman sehingga wisatawan mau berkunjung ke Bali," tuturnya.

Diungkapkan Agung, saat ini aplikasi PeduliLindungi telah diimplementasikan di berbagai lokasi di Bali. QR code PeduliLindungi telah dipasang di berbagai lokasi, mulai dari hotel, restoran, destinasi wisata, mal, tempat ibadah, sekolah, kawasan perkantoran hingga lokasi publik lainnya. Selain itu, para pengunjung diharuskan untuk melakukan check-in digital ketika memasuki lokasi-lokasi tersebut, sehingga dapat meminimalisir penyebaran COVID-19.



Simak Video "Cegah Kebobolan, Wamenkes Minta Perketat Skrining PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)