Merger Indosat dan Tri Penantang Terkuat Lawan Telkomsel

Merger Indosat dan Tri Penantang Terkuat Lawan Telkomsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 18 Sep 2021 19:03 WIB
Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha
Merger Indosat dan Tri Penantang Terkuat Lawan Telkomsel. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Pengamat telekomunikasi Heru Sutadi mengatakan, dengan merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (H3I/Tri), maka Indosat Ooredoo Hutchison akan head to head dengan Telkomsel.

Merger Indosat dan Tri ini melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison. Disampaikan, President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama penggabungan dua perusahaan tersebut menjadikan operator seluler terbesar kedua di Indonesia.

Adapun saat ini, penguasa industri telekomunikasi di Indonesia masih dipegang Telkomsel dengan melayani lebih dari 164 juta pelanggan didukung lebih dari 234 ribu Base Transceiver Station (BTS).

"Merger ini merupakan game changer kompetisi di bisnis seluler. Telkomsel akan head to head dengan Indosat Ooredoo Hutchinson," kata Heru Sutadi.

Hanya saja, Heru menggarisbawahi bahwa Indosat Ooredoo Hutchison tidak lantas dengan mudah menggeser Telkomsel menguasai pasar telekomunikasi Indonesia.

"Kalau operator gabungan dianggap bisa mengalahkan Telkomsel, tidak semudah itu dan jalannya masih panjang. Telkomsel sudah begitu kuat menguasai separuh bisnis seluler," ucapnya.

Di samping itu, mantan Komisioner Badan Regulati Telekomunikasi Indonesia (BRTI) ini menyebutkan merger Indosat dan Tri akan berdampak baik bagi industri secara keseluruhan, di mana para pemain operator seluler jadi berkurang dan industri menjadi sehat.

"Dan mungkin mendorong merger pemain lainnya. Karena industri ini hanya sehat untuk tiga pemain (operator seluler) saja," pungkasnya.



Simak Video "Indosat Resmi Merger dengan Tri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)