XL Axiata Kasih 25 GB Gratis Jajal Internet 5G

XL Axiata Kasih 25 GB Gratis Jajal Internet 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 30 Agu 2021 19:11 WIB
Jakarta -

Meski sudah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G, XL Axiata belum mengkomersialisasikan layanan 5G mereka ke para pelanggan. XL Axiata lebih mengutamakan untuk edukasi pelanggan dengan kasih gratis kuota 25 GB guna menjajal internet 5G.

Dalam edukasi tersebut, XL Axiata mencoba memperlihatkan berbagai keunggulan dari 5G, bagaimana latensi rendah hingga kecepatan internet ngebut memberikan pengalaman berbeda yang dirasakan pelanggan.

Untuk saat ini, operator seluler yang identik warna biru tersebut menghadirkan membawa sinyal 5G di empat lokasi, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya yang semua berada di area XL Center. Jaringan 5G XL Axiata ini juga tersedia di sebagian Jalan Margonda, Depok dan Gedung Sate Bandung.

"XL itu ada program untuk pelanggan khusus yang punya smartphone 5G dan berada di sekitar lokasi (sinyal 5G-red), itu dia dapat broadcast khusus dan bisa datang ke XL Center yang ditunjuk untuk semacam redeem paket internet 5G," ujar Head of Technology XL Axiata, Tetra Siti Sarah, Senin (30/8/2021).

"Paket ini masih bersifat gratis. Kami belum mengkomersialkan 5G untuk saat ini. Itu (paket internet 5G-red) bisa dicoba hari yang sama di XL Center yang ditunjuk," sambungnya.

Mengingat layanan 5G bisa memakan konsumsi kuota dengan cepat karena saking melesatnya, XL Axiata memberikan paket internet 5G sebesar 25 GB, mulai dari merasakan menonton video kualitas 4K, download file berukuran GB dalam hitungan menit, sampai gaming.

"Kalau permintaan masyarakat sudah tinggi, penetrasi HP 5G semakin baik, itu kami coba untuk memperluasnya, tapi bertahap pastinya. Sebab, kalau sudah mengerahkan sumber daya untuk 5G itu butuh investasi," jelas Tetra.

Untuk menggelar layanan 5G, XL Axiata memanfaatkan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) yang tak lain adalah penggunaan spektrum yang sama dipakai untuk 4G juga. XL Axiata menerapkan teknologi tersebut di pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz.

Implementasi DSS menjadi alternatif pilihan mengingat keterbatasan frekuensi yang dimiliki XL untuk menghadirkan 5G. Kendati dipakai bersamaan untuk 4G, XL Axiata memastikan layanan akan tetap oke.

(agt/fay)