Anies Baswedan Senang 5G Ada di Jakarta, Bisa Bantu Smart City

Anies Baswedan Senang 5G Ada di Jakarta, Bisa Bantu Smart City

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 26 Agu 2021 19:30 WIB
Indosat Ooredoo menghadirkan jaringan 5G di Jakarta, pada Kamis (26/8) disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Anies Baswedan dalam peluncuran 5G Indosat Ooredoo Ada di Jakarta (Foto: Indosat Ooredoo)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan kegembiraannya jaringan 5G bisa hadir di Jakarta. Sebab, kemampuan 5G, salah satunya bisa bikin kota pintar alias smart city.

Disampaikannya bahwa kondisi pandemi perlu dihadapi secara kolaboratif, artinya kerja bersama. Anies menyebutkan hikmah pandemi, seperti semakin mengoptimalkan bagaimana teknologi bisa membantu menjalankan banyak hal dengan lebih baik dan lebih efisien.

"Dampak positif lainnya adalah tumbuh besarnya kultur digital, khususnya di Jakarta. Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dengannya dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society," ujar Anies dalam peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Dengan keberadaan 5G, Anies mengharapkan jaringan generasi kelima tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini, membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya," tutur Anies.

Layanan 5G Indosat tersebut di Jakarta saat ini masih di area terbatas, yang tersedia di kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka, dan kantor pusat Indosat.

Sebagai informasi, 5G menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah dan ini memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri dan berlaku untuk pelanggan bisnis dan konsumen.

Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil; teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar; listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga; aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh; dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality.

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta yang menunjukkan beberapa use cases tersebut melibatkan mitra-mitra strategis seperti Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS.

"Kami percaya teknologi 5G dan berbagai use cases akan membantu merevolusi cara industri dan bisnis beroperasi dan cara konsumen mengakses layanan publik dan hiburan. Dengan peluncuran ini, Indosat Ooredoo mendorong revolusi 5G Indonesia dan menggerakkan bangsa menuju masa depan yang cerah dan mendukung 5G," pungkas President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama.



Simak Video "Susul Telkomsel, Indosat Kantongi Izin Gelar Layanan 5G di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)