Catat! Tanggal Cair Kuota Kemendikbudristek Buat Belajar Online

Catat! Tanggal Cair Kuota Kemendikbudristek Buat Belajar Online

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 18:03 WIB
Siswa siswi menggunakan fasilitas WiFi gratis saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di balai warga RW 05 Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (27/8/2020). WiFi gratis ini disediakan oleh swadaya warga RW 05 guna membantu anak-anak yang melakukan pembelajaran jarak jauh yang terkendala dengan kuota internet.
Catat! Tanggal Cair Kuota Kemendikbud Ristek Buat Belajar Online. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bantuan paket kuota data internet diperpanjang seiring pandemi COVID-19 belum reda. Kuota Kemendikbud akan disalurkan selama tiga bulan, dari September-November 2021.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyalurkan bantuan kuota internet gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk menunjang kegiatan belajar online.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebutkan bahwa bantuan kuota Kemendikbud Ristek 2021 ini merupakan kuota umum.

"Satu hal yang perlu diingati bantuan kuota di 2021 untuk mendukung proses pembelajaran. Kami memberikan fleksibilitas kuota umum untuk digunakan mengakses semua lama dan aplikasi, kecuali yang diblokir Kemkominfo," ujar Nadiem.

Nadiem mengungkapkan bantuan kuota Kemendikbudristek ini akan disalurkan pertengahan bulan September sampai November. Catat ya, ini tanggalnya:

"Kami akan menyalurkan bantuan subsidi kuota data internet ini pada 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021. Kuota data ini berlaku 30 hari sejak diterima," kata Nadiem.

Untuk melanjutkan bantuan kuota Kemendikbudristek ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,3 triliun yang ditujukan kepada 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia.

Berikut Besaran Bantuan Kuota Kemendikbudristek 2021:
- Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan
- Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10 GB/bulan
- Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12 GB/bulan
- Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan



Simak Video "Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dihentikan Mulai Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)