Rekor Dunia! Kecepatan Internet Jepang Tembus 319 Terabits Per Detik

Rekor Dunia! Kecepatan Internet Jepang Tembus 319 Terabits Per Detik

Agus Tri Haryanto, agt - detikInet
Minggu, 18 Jul 2021 17:40 WIB
Kecepatan Internet
Rekor Dunia! Kecepatan Internet Jepang Tembus 319 Terabits Per Detik. Foto: Istimewa
Jakarta -

Jepang mengukir sejarah dengan memecahkan kecepatan internet yang paling ngebut sedunia mencapai 319 Terabits per detik.

Sebelumnya, kecepatan internet paling tinggi itu di angka 178 Terabits per detik. Sementara, para peneliti di National Institute of Information and Communications Technology (NICT) di Jepang bisa melampaui hampir dua kali lipatnya. Rekor dunia internet pun terpecahkan.

Dikutip dari Vice, Minggu (18/7/2021) NICT menguji kecepatan internet tersebut di laboratorium dengan menggunakan teknologi serat optik yang paling canggih.

NICT mengandalkan infrastruktur kabel serat optik sepanjang 3.001 km yang sudah ada. Kemudian, infrastruktur tersebut didukung dengan sejumlah teknologi lainnya.

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah kabel optik yang terdiri dari empat inti (4-core) memungkinkan mentransmisikan data dengan cepat dari serat optik satu inti (single-core).

"4-core dengan diameter kelongsong standar menarik untuk adopsi awal serat (space division multiplexing) dengan throughput tinggi, link jarak jauh, karena kompatibel dengan infrastruktur kabel konvensional dan diharapkan memiliki mekanik sebanding dengan serat single-core," kata NICT.

Sebagai informasi, kecepatan internet paling ngebut saat ini yang sudah dirasakan masyarakat, yaitu dengan menggunakan jaringan 5G. Namun, kecepatan internet 5G 'hanya' menyentuh 1-10 Giga per detik.

Meski kecepatan internet pengujian NICT mengesankan, tentu yang jadi pertanyaannya, koneksi super ngebut sampai 319 Terabits per detik itu buat apa ya detikers?



Simak Video "Ngobrol Santai Kualitas Internet Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)