'Jangan Pakai 5G Kalau Cuma Buat WhatsApp-an'

'Jangan Pakai 5G Kalau Cuma Buat WhatsApp-an'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 17:31 WIB
Merza Smartfren
President Director Smartfren Merza Fachys. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Indonesia sudah memasuki era 5G. Dengan tawaran internet super cepat dibandingkan pendahulunya, layanan 5G tidak cocok kalau sekedar untuk streaming film atau chatting WhatsApp.

President Director Smartfren Merza Fachys menjelaskan teknologi 5G menjanjikan banyak hal, mulai dari kecepatan internet, kapasitas, latensi yang jauh lebih unggul dari 4G.

"5G ini bukan sekedar layanan yang sekedar dinikmati di handphone, hanya untuk melihat film, video apalagi sekedar chatting. Sangat disayangkan," ujar Merza, Kamis (17/6/2021).

"Kita harus tahu-tahu betul bahwa teknologi ini untuk kemajuan dan perkembangan negara. Tidak sekedar yang sifatnya hiburan atau chatting, karena teknologi sebelumnya sudah tidak ada kurangnya untuk kebutuhan seperti ini," jelasnya.

Sebagai penyelenggara jaringan telekomunikasi, Smartfren mengungkapkan kesiapannya untuk menggelar layanan 5G secara komersial kepada pengguna.

Seperti saat ini, Smartfren kembali melakukan uji coba 5G dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggunakan pita frekuensi 26 GHz.

"Smartfren sendiri secara teknologi siap melakukan penggelaran 5G," kata Merza.

Berbicara kapan Smartfren resmi jualan layanan 5G ini, Merza tidak mengungkapkannya secara rinci. Ia hanya menjawab dalam waktu dekat ini.

Sejauh ini diketahui baru ada dua operator seluler yang sudah menggelar layanan 5G secara komersial, yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo. Apabila Telkomsel sudah menghadirkan 5G di berbagai daerah secara terbatas, Indosat baru akan meresmikannya pada pekan depan.

Adapun ke perusahaan tersebut telah mengantongi restu Kementerian Kominfo berupa Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat wajib sebelum jualan 5G kepada pelanggan.

SKLO tersebut diberikan Kominfo usai operator seluler dinilai berhasil dan sukses melalui tahapan ULO.



Simak Video "Berapa Kira-kira Harga Paket Internet 5G? Ini Jawaban Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)