Ssstt... Pekan Ini Indosat Mau Gelar 5G?

Ssstt... Pekan Ini Indosat Mau Gelar 5G?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 07 Jun 2021 06:42 WIB
Gerai Indosat Ooredoo di seluruh Indonesia tetap buka selama Ramadan tahun 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat
Pekan Ini, Indosat Mau Gelar 5G?. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Jakarta -

Selangkah lagi Indosat Ooreodo akan menyusul Telkomsel dalam penggelaran layanan 5G secara komersial.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang mengatakan, saat ini Indosat Ooredoo sedang melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G.

Hanya saja, Steve tidak mengungkapkan, sampai kapan Indosat Ooredoo menguji jaringan seluler generasi kelima tersebut.

"Saat ini, proses ULO 5G Indosat sedang berlangsung. Update selanjutnya, nanti saya sampaikan kembali ya," kata Steve kepada detikINET.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Berkaca dari ULO 5G Telkomsel itu hanya berlangsung tiga hari. Bila ULO 5G Indosat Ooredo juga lancar dan sukses, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bukan tak mungkin menerbitkan Surat Keterangan Laik Opersi (SKLO) ke operator seluler yang identik warna kuning merah ini.

Beberapa waktu lalu, Steve, tidak menyangkal bahwa Juni akan jadi bulan kelahiran 5G Indosat Ooredoo. Ia mengungkapkan komersialisasi layanan 5G Indosat Ooredoo bisa saja dilakukan dalam waktu dekat.

"Bisa jadi lewat dari tanggal 7, bisa jadi kurang dari tanggal 7. Nanti akan saya beri update," ungkapnya.

Terkait ULO 5G Indosat Ooredoo, detikINET telah menghubungi pihak Kominfo. Namun hingga berita ini ditayangkan, belum ada pernyataan resmi dari Kominfo.



Simak Video "4 Lokasi Awal yang Bisa Nikmati Layanan 5G Indosat"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)