Ini Rencana Gibran Rakabuming dengan Jaringan 5G di Solo

Ini Rencana Gibran Rakabuming dengan Jaringan 5G di Solo

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 04 Jun 2021 16:15 WIB
Walikota Solo Gibran Rakabuming Saat Peluncuran 5G di Solo dengan Menkominfo Johnny G Plate
Walikota Solo Gibran Rakabuming dalam peluncuran 5G di Solo (Foto: Telkomsel)
Solo -

Solo menjadi kota selanjutnya yang kebagian jaringan 5G. Walikota Solo Gibran Rakabuming memang punya rencana apa sih untuk penggunaannya?

Semenjak peluncuran 5G Telkomsel di Solo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka makin semangat buat mengadaptasi teknologi untuk membangun kotanya. Gibran mengungkap rencananya.

"Tadi sudah dijelaskan ke Pak Gibran soal video API dan itu dia paling tertarik," ujar Syahran Mustofa, Enterprise Manager Advanced Connectivity Portfolio Management Telkomsel saat ditemui usai acara 'Hyper 5G Unlock The Future' Telkomsel dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Solo.

Video API ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya untuk menjembatani komunikasi, kritik atau bantuan antara pemerintah dan masyarakat tanpa harus tatap muka. Fitur video API ini akan semakin canggih dengan bantuan 5G yang membuat gambar dan suara bisa tertransmisi dengan baik dan jelas.

Ke depannya, video API ini pun diharapkan dapat membantu para UMKM di Solo menawarkan produk mereka ke seluruh Indonesia. Dengan kecepatan dan gambar terlihat lebih halus, diharapkan ini dapat mendorong gairah masyarakat dalam melakukan bisnis.

Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Harnang Setiohargo juga mengatakan kepada detikINET bahwa 5G di Solo bisa dimanfaatkan untuk hal lain semisal untuk wisata dengan VR.

"Kami sudah tawarkan ke Pak Walikota, mungkin bisa di Pasar Klewer pedagang jualan pake Orbit (Modem WiFi Telkomsel). Memang 5G kalau dipakai pribadi ini agak dirasa berlebih tapi secara bisnis ini sangat bermanfaat sekali," tutur Harnang.

Solo merupakan salah satu kota pelopor yang masuk layanan 5G Telkomsel. Gibran Rakabuming sendiri sempat meminta kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate untuk dibantu dalam memberikan internet cepat di kotanya.



Simak Video "Jaringan 5G di Denpasar Capai 613 Mbps"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)