3 Bukti 5G Telkomsel Lebih Kebut dari 4G

3 Bukti 5G Telkomsel Lebih Kebut dari 4G

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 21:50 WIB
Uji Kualitas Jaringan 5G di Solo
Uji 5G di Solo (Foto: Telkomsel)
Jakarta -

Jaringan 5G Telkomsel bila dibandingkan layanan 4G ternyata menampilkan peningkatan kecepatan yang pesat. Sejumlah uji coba menjadi buktinya.

Ini terlihat dari sejumlah tes yang dilakukan detikINET pada titik-titik yang ada di Solo. Berikut ini adalah hasil dari speed test, uji latensi sampai kecepatan download file bila membandingkan 4G vs 5G, Kamis (3/6/2021):

1. Speed test di GraPARI Solo

Uji coba kecepatan 4G dan 5G di GraPARI Solo dilihat dari kemampuan download file berukuran 1 GB. Dengan memakai 5G, file dapat selesai diunduh dalam waktu 40 detik. Sementara itu, jaringan 4G makan waktu sampai 1 menit 10 detik.

2. Speed test di kafe Anak Panah (cluster Balai Kota)

Perbedaan yang signifikan terlihat ketika membandingkan jaringan 4G dan jaringan 5G Telkomsel. Dalam beberapa kali uji coba, nampak kecepatan jaringan 5G mencapai 5-7 kali lebih cepat (476 Mbps dibanding 70,4 Mbps).

Uji Kualitas Jaringan 5G di SoloKecepatan sampai 476 Mbps (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)

3. Latensi game

Begitu juga ketika detikINET menjajal bermain game PUBG, latensi dengan memakai 5G cenderung stabil di bawah 30 ms sementara dengan 4G masih labil di antara 20-60 ms.

Uji Kualitas Jaringan 5G di SoloUji Kualitas Jaringan 5G dengan game PUBG (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)

Efeknya sudah jelas, permainan menggunakan jaringan 5G lebih menghasilkan gambar yang halus dan tidak ada keterlambatan suara dan gambar.

Salah satu rekan bernama Aulia Rahman juga menjajal bermain game pada virtual immerse experience yang ada di GraPARI Solo yang juga memanfaatkan jaringan 5G. Kepada kami, dia mengaku permainan berjalan dengan lancar.

"Nggak ngelag sih," katanya.

Uji Kualitas Jaringan 5G di SoloMencoba VR imersif dengan Jaringan 5G di Solo (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)


Simak Video "Berapa Harga Paket 5G Telkomsel?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)