Biznet Jamin Keamanan Jaringan untuk Kerja Jarak Jauh

Biznet Jamin Keamanan Jaringan untuk Kerja Jarak Jauh

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 03 Jun 2021 17:50 WIB
work from bali
Foto: Biznet
Jakarta -

Meski sudah mulai banyak perkantoran yang buka, sebagian besar karyawan masih bekerja dari rumah. Bahkan, kini banyak para digital nomad yang bisa bekerja dari mana saja. Ancaman keamanan mengintai di kondisi seperti ini.

Karyawan yang bekerja dari rumah atau jarak jauh bakal menjadi titik lemah dari keamanan cyber sebuah perusahaan, karena terhubung ke jaringan perusahaan lewat 'jalur umum' yang tingkat keamanannya tak bisa diprediksi.

Hal ini tentunya menjadi ancaman tersendiri bagi keamanan perusahaan, utamanya soal kerahasiaan data yang selama ini hanya diakses secara internal, atau lewat intranet, dan bakal berubah bakal diakses lewat internet.

Biznet sebagai salah satu penyedia layanan internet yang mendukung kegiatan bekerja dan sekolah dari rumah memastikan pihaknya telah mengantisipasi hal ini. Senior Manager Marketing Consumer Biznet Adrianto Sulistyo mengklaim pengamanan jaringan Biznet maksimal sebelum maupun selama pandemi.

"Jaringan yang kita berikan kami bisa jamin kemanannya. Dengan load yang tinggi tentu kami mengerti saat WFH pengguna kami menginginkan layanan yang stabil dan aman. Kami sangat concern akan keamanan ini dan selalu kami perhatikan kondisinya," ujarnya dalam virtual press conference, Kamis (3/6/2021).

"Pengguna sebaiknya tidak sembarangan menggunakan jalur-jalur sharing file. Tapi untuk layanan internetnya sendiri sangat aman," sarannya.

Senior Manager Regional East Biznet Bagus Wicaksono menambahkan, server Biznet pun sudah terkoneksi dengan Trust Positif Kominfo sehingga menambah lapisan keamanan untuk menghindari konten negatif.

"Jadi untuk konten lain-lain berbau SARA atau pornografi kita secara otomatis blok sistem karena kita ikut aturan. Untuk buka-buka situs yang dilarang di sistem internet kami tidak akan bisa dibuka," ujarnya.

Dalam konferensi pers ini, Biznet juga menyatakan kesiapannya mendukung program work from Bali yang digelar pemerintah lewat Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves). Biznet pun menggeber jaringannya di sana dengan menyediakan infrastruktur teknologi dan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk mendukung aktivitas bekerja online.



Simak Video "Burnout Akibat WFH, Begini Cara Mengatasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)